• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN SEBARAN SEKOLAH DAN PEMERATAAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN JEMBER DENGAN METODE TOPSIS AHP

    Thumbnail
    View/Open
    Ratih Pravitasari - 102410101019_1.pdf (398.3Kb)
    Date
    2015-03-30
    Author
    Ratih Pravitasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masyarakat merupakan modal dasar pembangunan bagi suatu negara sedangkan pendidikan merupakan pilar utama terhadap pengembangan masyarakat suatu bangsa. Oleh karena itu pemerataan pendidikan bagi masyarakat merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Tidak meratanya kesempatan memperoleh pendidikan di suatu daerah merupakan salah satu faktor penyebab kesenjangan pemerataan pendidikan di suatu daerah. Persebaran sekolah dan pemerataan pendidikan di Kabupaten Jember saat ini belum dipetakan secara digital sehingga pengawasan terhadap perkembangan pendidikan masih kurang dapat dipantau secara mudah. Perlu adanya sistem informasi pendidikan di Kabupaten Jember untuk melihat persebaran sekolah dan pemerataan pendidikan. Metode yang digunakan dalam analisa pemerataan pendidikan pada penelitian ini adalah Technique for Orders Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui nila i pemerataan pendidikan di Kabupaten Jember serta merancang dan menghasilkan SIG pemetaan sebaran sekolah dan pemerataan pendidikan dengan menggunakan metode TOPSIS AHP yang dapat digunakan sebagai penunjang pengambilan keputusan dalam upaya mewujudkan pemerataan pendidikan di Kabupaten Jember. Metode TOPSIS digunakan dalam proses analisa pemerataan pendidikan sedangkan AHP digunakan dalam penentuan bobot kriteria yang merupakan input dalam proses analisa dengan metode TOPSIS. Kriteria yang digunakan dalam analisa pemerataan pendidikan merupakan indikator pendidikan yang terdiri dari Angka Partisispasi Kasar (APK), Angka Partisipasi Murni (APM), Angka Partisipasi Sekolah viii (APS), Angka Menyelesaikan Sekolah (AMS), Angka Melanjutkan (AM), dan Ratio Murid/Sekolah. Analisa yang dilakukan menghasilkan nilai pemerataan pendidikan untuk masing- masing kecamatan yang merupakan prosentase dari nilai preferensi. Berdasarkan data dummy yang digunakan dapat dikatakan bahwa dalam kasus ini pemerataan pendidikan belum terlaksana dengan baik dan kecamatan dengan nila i pemerataan pendidikan yang rendah memerlukan penanganan untuk mewujudka n pemerataan pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62096
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1050]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository