Show simple item record

dc.contributor.authorJekti Prihatin
dc.date.accessioned2015-03-24T09:49:22Z
dc.date.available2015-03-24T09:49:22Z
dc.date.issued2015-03-24
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61993
dc.description.abstractPendekatan Problem-based Learning (PBL) merupakan pengembangan kurikulum dan sistem pembelajaran yang secara bersama-sama mengembangkan strategi pemecahan masalah, dasar-dasar disiplin ilmu, dan keterampilan mahasiswa dengan memposisikan mahasiswa sebagai pebelajar aktif. Penerapan PBL sesuai dengan karakteristik mahasiswa yang merupakan pembelajaran orang dewasa dan tuntutan jaman dalam menyongsong pendidikan abad 21. Sesuai dengan semangat penilaian otentik, maka diperlukan penilaian portofolio terhadap semua yang dilakukan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali respon mahasiswa terhadap perkuliahan Pengembangan dan Telaah Kurikulum Sekolah yang dilakukan dengan pendekatan Problem-based Learning yang dilengkapi penilaian portofolio. Penelitian dilakukan pada mata kuliah Pengembangan dan Telaah Kurikulum Sekolah kelas B selama satu semester pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan cara Lesson Study (LS). Subyek penelitian sebanyak 33 mahasiswa mengikuti perkuliahan menggunakan pendekatan PBL dan menyusun portofolio pada akhir semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon mahasiswa terhadap pembelajaran tergolong sangat baik dan seluruh hasil portofolio mahasiswa memperoleh nilai A.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPendekatan Problem-based Learning, portofolio, lesson studyen_US
dc.titleRespon Mahasiswa terhadap Pembelajaran Problem-Based Learning Dilengkapi dengan Penilaian Portofolio yang Berbasis pada Lesson Studyen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record