Show simple item record

dc.contributor.authorNilam Anua Sita
dc.date.accessioned2015-03-20T06:52:27Z
dc.date.available2015-03-20T06:52:27Z
dc.date.issued2015-03-20
dc.identifier.nimNIM101510601086
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61904
dc.description.abstractAnalisis Pemasaran dan Prospek Pengembangan Usahatani Semangka Di Desa Mojosari Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Nilam Anua Sita. 101510601086. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember. Desa Mojosari yang terletak di Kecamatan Puger merupakan penghasil semangka tertinggi di Kabupaten Jember. Desa Mojosari memiliki hasil produksi sangat baik dan diminati banyak konsumen. Penelitian mengenai mekanisme pemasaran semangka dan prospek pengembangan usahatani semangka di Desa Mojosari perlu dilakukan, mengingat bahwa komoditas semangka memiliki prospek yang menguntungkan dan adanya posisi tawar yang lemah antara petani dan lembaga pemasaran. Harga jual semangka ditentukan oleh pedagang dan petani sebagai penerima harga. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui saluran-saluran pemasaran semangka di Desa Mojosari (2) mengetahui efisiensi saluran pemasaran semangka di Desa Mojosari (3) mengetahui prospek pengembangan usahatani semangka di Desa Mojosari. Purposive method digunakan untuk menentukan daerah penelitian. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dan analitik. Metode Purposive Sampling digunakan untuk pengambilan sampel kelompok tani yaitu Subur Jaya 3, simple random sampling digunakan untuk menentukan responden, dan metode Snowball Sampling digunakan untuk menentukan lembaga pemasaran. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis Margin Pemasaran dan Analisis SWOT. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) saluran pemasaran semangka di Desa Mojosari ada 3 macam yaitu saluran pemasaran satu tingkat (Petani → Tengkulak → Konsumen), saluran pemasaran dua tingkat (Petani → Tengkulak → Pengecer → Konsumen), dan saluran pemasaran tiga tingkat (Petani → Tengkulak → Pedagang Besar → Pengecer → Konsumen); (2) Saluran pemasaran satu tingkat adalah saluran pemasaran yang paling efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran lainnya; (3) Usahatani semangka di Desa Mojosari berada di White Area (bidang kuat berpeluang) yang artinya bahwa usahatani semangka di Desa Mojosari memiliki peluang untuk dikembangkan dan prospek untuk diusahakan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries101510601086;
dc.subjectANALISIS PEMASARAN DAN PROSPEK PENGEMBANGAN USAHATANI SEMANGKA DI DESA MOJOSARI KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBERen_US
dc.titleANALISIS PEMASARAN DAN PROSPEK PENGEMBANGAN USAHATANI SEMANGKA DI DESA MOJOSARI KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record