dc.description.abstract | Rendahnya nilai hasil belajar IPS di SDN Gebang 03 Jember disebabkan oleh
beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih
bersifat konvensional, penggunaan alat peraga/ media jarang sekali digunakan, dan
praktik pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa.
Sehingga pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada
kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPS yang merupakan salah satu
kegiatan utama dalam pembelajaran IPS., guru harus berperan aktif untuk
menciptakan beberapa pendekatan dan metode. Pendekatan tersebut dapat
mendekatkan IPS kepada siswa dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak
kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa
dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya
secara mandiri.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
melalui pembelajaran Cooperative Learning: Think-Pair-Share mata pelajaran IPS
kelas IVB SDN Gebang 03 kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Gebang 03
kecamatan Patrang, dimulai pada tanggal 25 Juli 2011 sampai tanggal 30 September
2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IVB dengan jumlah siswa 47 siswa, terdiri
dari 28 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah
menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang
dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir
ix
sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPS, dan dalam
memecahkan masalah IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan
peneliti. | en_US |