Show simple item record

dc.contributor.authorShofia Hidayah
dc.date.accessioned2015-03-12T09:44:28Z
dc.date.available2015-03-12T09:44:28Z
dc.date.issued2015-03-12
dc.identifier.nimNIM110210101036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61759
dc.description.abstractAnalisis Kesalahan dalam Meyelesaikan Soal Cerita Sub Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya Siswa Kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Jember; Shofia Hidayah, 110210101036; 2015; 88 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Matematika mempunyai peranan penting untuk menumbuhkan kemampuan siswa dalam berfikir kritis, logis, sistematis, cermat, efektif, dan efisien dalam memecahkan masalah, itulah salah satu alasan mengapa matematika perlu disampaikan sejak dini. Pemecahan masalah matematika sekolah biasanya diwujudkan melalui soal cerita. Pada penelitian ini dilakukan analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita sub pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan langkah penyelesaian Polya. Tujuan dalam penelitian ini antara lain: untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan; persentase dari masing-masing jenis kesalahan dan; faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita sub pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan langkah penyelesaian Polya yang dilakukan siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang didahului dengan penyusunan instrumen tes soal cerita. Pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran mengenai jenis-jenis kesalahan dan persentase dari masing-masing jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita sub pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel serta faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Instrumen yang digunakan adalah tes soal cerita, pedoman wawancara, dan lembar validasi tes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode wawancara dan metode angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil tes soal cerita dan hasil vii wawancara terhadap hasil pekerjaan siswa untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kesalahan. Menurut data hasil validasi tes soal cerita berdasarkan validasi isi dan konstruksi dengan beberapa komponen penguji, maka diperoleh bahwa soal tes tersebut valid dengan koefisien kevalidan 4,71. Sedangkan hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa soal tes tersebut memiliki koefisien reliabilitas 0,764. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas yang telah dilakukan, maka tes tersebut dikatakan valid dan reliabel. Sehingga soal tes tersebut dapat digunakan untuk penelitian. Berdasarkan hasil analisis jawaban soal tes dan hasil wawancara diperoleh jenis-jenis kesalahan siswa serta persentasenya yaitu: kesalahan memahami soal 5%; kesalahan menyusun rencana 21,5%; kesalahan melaksanakan rencana 22,875%; dan kesalahan memeriksa kembali solusi yang diperoleh 18%. Sedangkan faktor penyebabnya antara lain: (a) Kesalahan memahami soal: siswa kurang cermat dan teliti dalam membaca soal; (b) Kesalahan menyusun rencana: siswa tidak terbiasa menuliskan pemisalan variabel yang akan digunakan untuk membuat model matematika, siswa salah dalam membuat model matematika serta tidak terbiasa menuliskan metode dan langkah-langkah yang akan digunakan dalam menyelesaikan model matematika yang telah dibuatnya; (c) Kesalahan melaksanakan rencana: siswa tidak menyelesaikan soal yang diberikan sesuai dengan rencana yang telah disusun, siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan matematika untuk menyelesaikan model matematika yang telah dibuatnya serta kurang hati-hati dalam menentukan kesimpulan terhadap permasalahan yang diberikan; (d) Memeriksa kembali solusi yang diperoleh: siswa tidak terbiasa untuk memeriksa kembali solusi yang diperolehnya sehingga dalam memeriksa solusi yang diperolehnya, siswa tidak menggunakan langkahlangkah yang runtut (sistematis).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries110210101036;
dc.subjectANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SUB POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN LANGKAH PENYELESAIAN POLYA SISWA KELAS X IPA 3 SMA NEGERI 3 JEMBERen_US
dc.titleANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SUB POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN LANGKAH PENYELESAIAN POLYA SISWA KELAS X IPA 3 SMA NEGERI 3 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record