Show simple item record

dc.contributor.authorARIF PRIYANTO
dc.date.accessioned2015-03-12T05:53:30Z
dc.date.available2015-03-12T05:53:30Z
dc.date.issued2015-03-12
dc.identifier.nimNIM100210101069
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61747
dc.description.abstractAnalisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII SMP Negeri 10 Jember; Arif Priyanto, 100210101069; 2014; halaman 87; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari sesuatu yang abstrak. Objek kajian dalam matematika yaitu fakta, konsep, operasi, dan prinsip mempunyai karakter abstrak. Belajar matematika tidak hanya menuntut siswa untuk menguasai konsep-konsep dalam matematika, tetapi siswa juga dituntut untuk bisa menerapkan konsep dalam pemecahan masalah sehari -hari. Pemecahan masalah dalam matematika sekolah diwujudkan melalui soal cerita. Kesalahan siswa dalam menjawab suatu permasalahan dalam bentuk tes seringkali tidak ditindaklanjuti oleh guru matematika. Umumnya guru matematika melihat mampu tidaknya siswa hanya melalui hasi l akhir dari tes yang diberikan. Untuk itu perlu adanya analisis siswa dalam mengerjakan soal agar dapat diketahui letak kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan siswa, sehingga siswa dapat mengetahui letak kesalahannya dalam menyeles aikan soal cerita dan tidak mengulangi kesalahan yang sejenis saat mengerjakan soal cerita. Penelitian ini dimaksudkan agar guru memahami jenis dan penyebab kesalahan siswa sehingga bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas mengajar guru serta kualitas bel ajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes berbentuk uraian sebanyak lima soal yang dipilih dari sepuluh soal yang telah divalidasi oleh satu guru matapelajaran matematika dan dua dosen Pendidikan Matematika. Penelitian dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember setelah selesai diajarkan materi teorema Pythagoras. viii Pelaksanaan tes dilaksanakan pada Selasa, 25 November 2014, dilanjutkan dengan pengisian angket dan wawancara. Hasil penelitian berupa jawaban siswa yang dianalisis berdasarkan kategori kesalahan Newman yaitu kesalahan membaca soal Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan membaca soal Selain jawaban siswa, analisis dilakukan pada hasil angket dan wawancara. Dari hasil tersebut diperoleh data penyebab siswa melakukan kesalahan membaca soalen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101069;
dc.subjectANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN NEWMAN DI KELAS VIII A SMP NEGERI 10 JEMBERen_US
dc.titleANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN NEWMAN DI KELAS VIII A SMP NEGERI 10 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record