Show simple item record

dc.contributor.authorNancy Yunita Susanti
dc.date.accessioned2015-03-12T05:47:55Z
dc.date.available2015-03-12T05:47:55Z
dc.date.issued2015-03-12
dc.identifier.nimNIM100210101042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61746
dc.description.abstractAnalisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi Pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom”. Nancy Yunita S.; 100210101042; 2015, 62 halaman; Progam Studi Pendidikan Matematika; Jurusan Pendidikan MIPA; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Hasil survey TIMSS pada tahun 2011 dan PISA pada tahun 2012 memberikan gambaran adanya masalah dalam sistem pendidikan di Indonesia khususnya pembelajaran matematika yang menyebabkan pelajar Indonesia masih belum bisa bersaing dengan siswa dari negara lain. Salah satu faktor yang menjadi kendala dalam peningkatan kualitas pendidikan khususnya matematika di sekolah adalah keberadaan bahan ajar (Patmaningrum, 2010). Salah satu bahan ajar yang dibutuhkan adalah buku teks. Permendiknas nomor 11 tahun 2005 Pasal 1 menyebutkan bahwa buku teks pelajaran berperan penting dan strategis dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah (Kemdiknas, 2005). Soal latihan dalam buku teks yang digunakan oleh guru sebaiknya sudah terklasifikasi pertanyaannya sesuai dengan kemampuan kognitif siswa. Hal ini bertujuan untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan soal latihan. Siswa akan mengerjakan soal-soal tersebut secara bertahap, dari yang paling mudah hingga yang paling sulit. Soal latihan yang telah terklasifikasi tingkat kognitifnya juga akan mempermudah guru untuk mengetahui pencapaian tingkat kognitif siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan diadakan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat kognitif soal uji kompetensi dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 berdasarkan Taksonomi Bloom dan (2) Mengetahui persentase tingkat kognitif soal uji kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 berdasarkan Taksonomi Bloom dengan harapan dapat membantu guru dalam menyeleksi soal-soal dan sebagai pertimbangan untuk memberikan soal sesuai dengan tingkat kognitif siswa, dan dapat dijadikan pedoman untuk penyempurnaan buku teks matematika selanjutnya. Sumber data penelitian ini adalah soal Uji Kompetensi yang terdapat dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2014. Setelah soal terkumpul kemudian soal diklasifikasi menurut tingkat kognitif sesuai dengan Revisi Taksonomi Bloom, selanjutnya pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan dengan cara mengadakan pengecekan ulang yang dilakukan oleh teman sejawat, menentukan persentase, dan menarik kesimpulan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Data yang terkumpul dalam viii penelitian deskriptif dapat diklasifikasikan menjadi data kulitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dapat dijabarkan dengan kalimat yang dipisahkan menurut kategori. Data kuantitatif berupa angka-angka hasil perhitungan melalui proses untuk mendapatkan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa soal uji kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) SMP/MTs kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kemdikbud pada tahun 2014 (Edisi Revisi) semester 1 mencakup 9 variasi soal dari 24 variasi soal menurut tingkat kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Dari 166 pertanyaan terdapat 6.6% tingkat C2-faktual; 17% tingkat C2-konseptual; 22% tingkat C2-prosedural; 3% tingkat C3-faktual; 6.6% tingkat C3-konseptual; 28% tingkat C3-prosedural; 1.8% tingkat C4-konseptual; 14% tingkat C4-prosedural; 0.6% tingkat C6-konseptual; dan 0% pertanyaan tingkat yang lainnya. Dan persentase tingkat kognitif soal Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) SMP/MTs kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada tahun 2014 (Edisi Revisi) semester 2 mencakup 11 variasi soal dari 24 variasi soal menurut tingkat kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Dari 170 pertanyaan, terdapat 0.6% tingkat C1-faktual; 0.6% tingkat C1-konseptual; 2.9% tingkat C2-faktual; 15% tingkat C2-konseptual; 15% tingkat C2-prosedural; 8.2% tingkat C3-konseptual; 30% tingkat C3-prosedural; 4.7% tingkat C4-konseptual; 5.3% tingkat C4-prosedural; 14% tingkat C5-konseptual; 4.1% tingkat C6 konseptual; dan 0% tingkat yang lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101042;
dc.subjectANALISIS TINGKAT KOGNITIF UJI KOMPETENSI PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VII KURIKULUM 2013 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOMen_US
dc.titleANALISIS TINGKAT KOGNITIF UJI KOMPETENSI PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VII KURIKULUM 2013 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOMen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record