dc.description.abstract | Penerapan Strategi Pembelajaran INDEX CARD MATCH Untuk
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan
Persegi Panjang dan Persegi Siswa Kelas VII D SMP Negeri 14 Jember Tahun
Ajaran 2014-2015 ” ; Fitri Ayu Dwi Purwanti, 100210101038; 2014: 70 halaman;
Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Berdasarkan informasi dari guru bidang studi matematika kelas VII D SMP
Negeri 14 Jember siswa seringkali mendapatkan nilai hasil belajar di bawah Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM). Tingkat keberhasilan belajar siswa pada kelas VII D
hanya mencapai 55,55% dari total keseluruhan siswa yang lulus KKM. Siswa
memiliki partisipasi yang cukup rendah dalam proses pembelajaran sehingga
kondisi kelas menjadi pasif dan hanya terjadi pemberian informasi dari guru ke
siswa. Untuk mengatasi hal ini guru hendaknya mampu memilih dan menerapkan
strategi pembelajaran yang mampu merangsang siswa untuk lebih aktif dalam
belajar serta dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran.
Index card match yaitu sebuah strategi pembelajaran aktif dengan
menggunakan metode permainan mencari pasangan kartu. Strategi ini bisa
digunakan sebagai strategi alternatif yang dirasa lebih memahami karakteristik
siswa, yaitu belajar sambil bermain sehingga siswa merasa tertarik dan senang
terhadap materi yang disampaikan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan
strategi pembelajaran Index Card Match pada pokok sub pokok bahasan persegi
panjang dan persegi, bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran
menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match pada sub pokok bahasan
persegi panjang dan persegi, dan bagaimana ketuntasan hasil belajar matematika
siswa setelah pelaksanaan strategi pembelajaran Index Card Match pada sub pokok
bahasan persegi panjang dan persegi kelas VII-D SMP Negeri 14 Jember tahun
ajaran 2014-2015.
Subjek penelitian ini ditetapkan pada kelas VII-D SMP Negeri 14 Jember
tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 36 dan terdiri atas 20 siswa laki-laki
viii
serta 18 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan
dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdapat 2 kali
pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, terdapat empat langkah utama
yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi,
observasi, dan tes. Analisis data dilakukan pada hasil observasi aktivitas guru,
aktivitas siswa, LKS dan hasil penilaian siswa. Observasi aktivitas guru pada setiap
siklus dilakukan untuk memperoleh persentase aktivitas guru selama penerapan
pembelajaran strategi Index Card Match. Berdasarkan hasil observasi, persentase
aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Seperti pada
persentase aktivitas guru, persentase aktivitas siswa juga mengalami peningkatan
dari siklus I ke siklus II.
Berdasarkan hasil analisis terhadap hasil belajar siswa pada siklus I dan
siklus II, diperoleh persentase Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus
I sebesar 61,11%, sedangakan pada siklus II persentase ketuntasan belajar secara
klasikal sebesar 75%. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan
bahwa hasil belajar siklus II mengalami peningkatan dibandingkan hasil belajar
siklus I. Dapat dikatakan bahwa hasil belajar siklus II sudah memenuhi ketuntasan
secara klasikal. Dengan demikian ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan
sebesar 13,88 %.
Berdasarkan hasil analisis tes, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi
pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP
Negeri 14 Jember kelas VII-D. Strategi pembelajaran Index Card Match juga
berhasil meningkatkan aktivitas belajar siswa. Demikian juga dengan media LKS
yang digunakan guru membantu pemahaman terhadap konsep persegi panjang dan
persegi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Index
Card Match dapat digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang dapat
diterapkan dikelas. | en_US |