Show simple item record

dc.contributor.authorFITRI AYU DWI PURWANTI
dc.date.accessioned2015-03-12T05:37:30Z
dc.date.available2015-03-12T05:37:30Z
dc.date.issued2015-03-12
dc.identifier.nimNIM100210101038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61744
dc.description.abstractPenerapan Strategi Pembelajaran INDEX CARD MATCH Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi Siswa Kelas VII D SMP Negeri 14 Jember Tahun Ajaran 2014-2015 ” ; Fitri Ayu Dwi Purwanti, 100210101038; 2014: 70 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Berdasarkan informasi dari guru bidang studi matematika kelas VII D SMP Negeri 14 Jember siswa seringkali mendapatkan nilai hasil belajar di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tingkat keberhasilan belajar siswa pada kelas VII D hanya mencapai 55,55% dari total keseluruhan siswa yang lulus KKM. Siswa memiliki partisipasi yang cukup rendah dalam proses pembelajaran sehingga kondisi kelas menjadi pasif dan hanya terjadi pemberian informasi dari guru ke siswa. Untuk mengatasi hal ini guru hendaknya mampu memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang mampu merangsang siswa untuk lebih aktif dalam belajar serta dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran. Index card match yaitu sebuah strategi pembelajaran aktif dengan menggunakan metode permainan mencari pasangan kartu. Strategi ini bisa digunakan sebagai strategi alternatif yang dirasa lebih memahami karakteristik siswa, yaitu belajar sambil bermain sehingga siswa merasa tertarik dan senang terhadap materi yang disampaikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match pada pokok sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi, bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi, dan bagaimana ketuntasan hasil belajar matematika siswa setelah pelaksanaan strategi pembelajaran Index Card Match pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi kelas VII-D SMP Negeri 14 Jember tahun ajaran 2014-2015. Subjek penelitian ini ditetapkan pada kelas VII-D SMP Negeri 14 Jember tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 36 dan terdiri atas 20 siswa laki-laki viii serta 18 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdapat 2 kali pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, terdapat empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data dilakukan pada hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, LKS dan hasil penilaian siswa. Observasi aktivitas guru pada setiap siklus dilakukan untuk memperoleh persentase aktivitas guru selama penerapan pembelajaran strategi Index Card Match. Berdasarkan hasil observasi, persentase aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Seperti pada persentase aktivitas guru, persentase aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis terhadap hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II, diperoleh persentase Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 61,11%, sedangakan pada siklus II persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75%. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siklus II mengalami peningkatan dibandingkan hasil belajar siklus I. Dapat dikatakan bahwa hasil belajar siklus II sudah memenuhi ketuntasan secara klasikal. Dengan demikian ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13,88 %. Berdasarkan hasil analisis tes, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 14 Jember kelas VII-D. Strategi pembelajaran Index Card Match juga berhasil meningkatkan aktivitas belajar siswa. Demikian juga dengan media LKS yang digunakan guru membantu pemahaman terhadap konsep persegi panjang dan persegi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Index Card Match dapat digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang dapat diterapkan dikelas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101038;
dc.subjectPENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SUB POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 14 JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015en_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SUB POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 14 JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record