dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 02 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa dengan mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran. Hal yang
menjadi latar belakang dari penelitian ini yaitu kurangnya pengetahuan mengenai pemberdayaan media, mengakibatkan
media yang seharusnya mampu menunjang pembelajaran menjadi terbengkalai. Hal tersebut membuat aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari dalam kategori rendah. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan
Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 02 Jember dengan jumlah 37 siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Aktivitas belajar siswa setelah mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media video
pembelajaran IPA menunjukkan kenaikan. Pada siklus 1 setelah mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching
dengan media video pembelajaran IPA presentase aktivitas belajar siswa sebesar 76,35% . Presentase tersebut masuk dalam
kategori aktif. Selanjutnya pada siklus 2 didapatkan penghitungan presesntase aktivitas belajar siswa secara klasikal
sebesar 87,83 %. Terdapat kenaikan aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 11,48%. Presentase hasil belajar pada
siklus satu sebesar 51,35%. Presentase tersebut masih masuk dalam kriteria sedang, sehingga peneliti melakukan berbagai
refleksi untuk kegiatan siklus II. Hasilnya, pada siklus 2 mendapatkan hasil yang signifikan. Presentase hasil belajar siswa
secara klasikal yaitu sebesar 94,59% atau naik sebesar 43,24% dari siklus 1. Nilai tersebut sudah masuk dalam kategori
sangat baik. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa aplikasi model pembelajaran Quantum Teaching
dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan daur hidup hewan
siswa kelas IV SDN Sumbersari 02 Jember. | en_US |