• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Aplikasi Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Daur Hidup Hewan Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 02 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Ery Rizki.pdf (286.2Kb)
    Date
    2014
    Author
    Pratama, Ery Rizki
    Bektiarso, Singgih
    Agustiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 02 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran. Hal yang menjadi latar belakang dari penelitian ini yaitu kurangnya pengetahuan mengenai pemberdayaan media, mengakibatkan media yang seharusnya mampu menunjang pembelajaran menjadi terbengkalai. Hal tersebut membuat aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari dalam kategori rendah. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 02 Jember dengan jumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Aktivitas belajar siswa setelah mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran IPA menunjukkan kenaikan. Pada siklus 1 setelah mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran IPA presentase aktivitas belajar siswa sebesar 76,35% . Presentase tersebut masuk dalam kategori aktif. Selanjutnya pada siklus 2 didapatkan penghitungan presesntase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 87,83 %. Terdapat kenaikan aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 11,48%. Presentase hasil belajar pada siklus satu sebesar 51,35%. Presentase tersebut masih masuk dalam kriteria sedang, sehingga peneliti melakukan berbagai refleksi untuk kegiatan siklus II. Hasilnya, pada siklus 2 mendapatkan hasil yang signifikan. Presentase hasil belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 94,59% atau naik sebesar 43,24% dari siklus 1. Nilai tersebut sudah masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa aplikasi model pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan daur hidup hewan siswa kelas IV SDN Sumbersari 02 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61724
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository