• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Validitas dan Tingkat Kesukaran Soal Latihan Evaluasi Akhir Tahun Pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran Ekonomi SMA/MA Kelas XI (Studi Kasus pada SMA Negeri Rambipuji Jember Kelas XI IPS 1 Tahun Ajaran 2013-2014)

    Thumbnail
    View/Open
    Martha Candra.pdf (271.3Kb)
    Date
    2014
    Author
    Ramadhani, Martha Candra
    Kantun, Sri
    Widodo, Joko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah tentang Analisis soal latihan bila ditinjau dari validitas dan tingkat kesukaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan tingkat kesukaran latihan soal Evaluasi Akhir Tahun pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) mata pelajaran ekonomi SMA/MA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE) karangan Chumidatus Sa’dyah dan Dadang Argo P terbitan Pusat Perbukuan Depdiknas tahun 2009. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumen, wawancara, dan tes. Metode analisis data menggunakan analisis validitas isi, validitas konstruktif, uji validitas item dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal latihan evaluasi akhir tahun pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) dilihat dari validitas isi sudah memiliki tingkat kesesuaian yang “tinggi” dengan persentase sebesar 85%, validitas konstruksi soal memiliki tingkat kevalidan yang “cukup tinggi” dengan persentase 74%, validitas item memiliki tingkat kevalidan yang “cukup tinggi” dengan persentase sebesar 62%,sedangkan hasil analisis tingkat kesukaran soal “belum” memenuhi keseimbangan indeks kesukaran yang telah ditetapkan berdasarkan teori evaluasi yaitu 27%:46%:27% dari hasil analisis diperoleh persentase soal kategori mudah 36%, soal kategori sedang 33%, dan soal dengan kategori sukar sebesar 31%.dari hasil analisis di atas disarankan agar penerbit dan guru lebih selektif dalam memilih soal sebagai bahan latihan dan ujian bagi para siswanya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61723
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository