Analisis Validitas dan Tingkat Kesukaran Soal Latihan Evaluasi Akhir Tahun Pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran Ekonomi SMA/MA Kelas XI (Studi Kasus pada SMA Negeri Rambipuji Jember Kelas XI IPS 1 Tahun Ajaran 2013-2014)
View/ Open
Date
2014Author
Ramadhani, Martha Candra
Kantun, Sri
Widodo, Joko
Metadata
Show full item recordAbstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah tentang Analisis soal latihan bila ditinjau dari validitas dan
tingkat kesukaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan tingkat kesukaran latihan soal
Evaluasi Akhir Tahun pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) mata pelajaran ekonomi SMA/MA kelas XI. Jenis
penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Buku
Sekolah Elektronik (BSE) karangan Chumidatus Sa’dyah dan Dadang Argo P terbitan Pusat Perbukuan Depdiknas
tahun 2009. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumen, wawancara, dan tes. Metode analisis data
menggunakan analisis validitas isi, validitas konstruktif, uji validitas item dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa soal latihan evaluasi akhir tahun pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) dilihat dari validitas isi
sudah memiliki tingkat kesesuaian yang “tinggi” dengan persentase sebesar 85%, validitas konstruksi soal memiliki
tingkat kevalidan yang “cukup tinggi” dengan persentase 74%, validitas item memiliki tingkat kevalidan yang
“cukup tinggi” dengan persentase sebesar 62%,sedangkan hasil analisis tingkat kesukaran soal “belum” memenuhi
keseimbangan indeks kesukaran yang telah ditetapkan berdasarkan teori evaluasi yaitu 27%:46%:27% dari hasil
analisis diperoleh persentase soal kategori mudah 36%, soal kategori sedang 33%, dan soal dengan kategori sukar
sebesar 31%.dari hasil analisis di atas disarankan agar penerbit dan guru lebih selektif dalam memilih soal sebagai
bahan latihan dan ujian bagi para siswanya.
Collections
- SRA-Education [1352]