Keterbacaan Wacana dalam Buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SD Kelas 4 Terbitan Erlangga Berdasarkan Teknik Cloze
View/ Open
Date
2012Author
Syukron, Ahmad
Mutiah, Arju
Wuryaningrum, Rusdhianti
Metadata
Show full item recordAbstract
Sumber belajar yang banyak digunakan dalam pembelajaran adalah buku teks. Salah satu kriteria buku teks berkualitas adalah buku teks harus mempertimbangkan aspek keterbacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterbacaan wacana dalam buku teks bahasa dan sastra Indonesia untuk sekolah dasar kelas 4 terbitan Erlangga. Alat ukur dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cloze. Hasil penelitian menunjukkan keterbacaan wacana dalam buku teks bahasa dan sastra Indonesia untuk sekolah dasar kelas 4 terbitan Erlangga masuk dalam instruksional kategori dengan persentase 48,71%. Selanjutnya, persentase untuk ketepatan isian siswa adalah 46,9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku teks bahasa dan sastra Indonesia untuk sekolah dasar kelas 4 terbitan Erlangga layak digunakan sebagai sumber belajar.
Collections
- SRA-Education [1352]