Show simple item record

dc.contributor.authorS U L I S T Y A N I
dc.date.accessioned2013-12-08T04:15:35Z
dc.date.available2013-12-08T04:15:35Z
dc.date.issued2013-12-08
dc.identifier.nimNIM080210204273
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6169
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPA di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; pembelajaran IPA di kelas IV SDN Ampel 02 kecamatan Wuluhan masih mengandalkan metode ceramah. Dalam metode ceramah guru tidak memberi kesempatan siswa untuk menggali dan menemukan kebenaran konsep IPA. Guru bersifat sebagai transfer of knowledge dan transfer of information saja tanpa memperhatikan konsepsi awal siswa yang diperoleh dari pengetahuan berdasarkan pengalaman sehari-hari. Siswa hanya menerima informasi yang disampaikan oleh guru, sedangkan guru kurang memperhatikan proses asimilasi informasi dalam diri siswa, apakah struktur kognitif siswa tertsebut telah sesuai dengan informasi baru yang telah disampaikan guru atau malah sebaliknya. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimana meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran kooperatif snowball throwing pokok bahasan gaya siswa kelas IV SDN Ampel 02 Wuluhan Jember? (b) Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran kooperatif snowball throwing pokok bahasan gaya siswa kelas IV SDN Ampel 02 Wuluhan Jember? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar melalui pembelajaran kooperatif snowball throwing dengan media asli mata pelajaran IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ampel 02 Kecamatan Wuluhan Kabupaten ix Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 25 anak, terdiri dari 15 laki-laki dan 10 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Ampel 02 Kecamatan Wuluhan, dimulai pada tanggal 11 Januari 2011 sampai tanggal 22 Januari 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204273;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR IPAen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA ASLI PADA SISWA KELAS IV SDN AMPEL 02 WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record