Show simple item record

dc.contributor.authorTrisna Ayu Putri Y
dc.date.accessioned2015-03-11T06:19:26Z
dc.date.available2015-03-11T06:19:26Z
dc.date.issued2015-03-11
dc.identifier.nimNIM100210302097
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61682
dc.description.abstractHubungan Kegiatan Guru Di Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) Dengan Profesionalisme Guru Sejarah Di SMA Se- Lumajang, Trisna Ayu Putri Yasari, 100210302097; xvii+159 halaman; Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Guru merupakan faktor utama untuk menentukan mutu pendidikan.. Apabila guru memiliki kualitas akademik, berkompeten, dan profesional, maka diharapkan proses pendidikan yang berjalan dapat optimal. Guru profesional harus mempunyai kemampuan dalam penguasaan mata pelajaran yang diajarkan. Begitu juga guru mata pelajaran sejarah harus menguasai bidang studi yang diajarkan. Guru mata pelajaran sejarah dituntut untuk mampu mengembangkan kinerjanya sehingga tercapai tujuan pembelajaran, hasil belajar tuntas, dan kualitas pendidikan meningkat Untuk mengatasi permasalahan maka diperlukan wadah yang bertujuan mengembangkan profesionalisme guru Sejarah di Kabupaten Lumjang salah satunya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaiamana Kegiatan MGMP sejarah di Kabupaten Lumajang; (2) Bagaiamana Profesionalisme guru sejarah di Kabupaten Lumajang; (3) Adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan guru di MGMP dengan profesionalisme guru sejarah di SMA se – Lumajang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis Kegiatan MGMP Sejarah di Kabupaten Lumajang; (2) untuk menganalisis professionalisme guru sejarah di Kabupaten Lumajang; (3) untuk menganalisis hubungan MGMP dengan professionalisme guru sejarah di SMA Lumajang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pendidikan dengan analisis data kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah psrta MGMP sejarah kabupatn Lumajang, dengan jumlah peserta 20 orang. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian kuantitatif dengan paradigma sederhana yang terdiri dari satu variabel independen dan satu variabel dependen.Metode pengumpulan data dalam viii penelitian menggunakan metode angket (kuesioner), observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Kegiatan Pengembangan Guru Di MGMP Hasil deskriptif variabel kegiatan pengembangan guru di MGMP dapat dikatakan cukup baik, hal ini terlihat dari hasil perhitungan yaitu dengan skor rata-rata 3,067. Profesionalisme Guru Sejarah di SMA se-Lumajang Hasil deskriptif variabel profesionalisme guru sejarah di SMA se-Lumajang dapat dikatakan sangat baik, hal ini terihat dari hasil perhitungan yaitu dengan skor rata-rata 4,087. Profesionalisme guru sejarah di SMA se-Lumajan tercipta karena pengaruhpengaruh positif yang diterima dari adanya kegiatan MGMP. Hubungan Kegiatan Guru Di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dengan Profesionalisme Guru Sejarah di SMA Se- Lumajang Dari hasil perhitungan uji regresi dan korelasi seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, bahwa antara kegiatan pengembangan guru di MGMP terhadap profesionalisme guru sejarah di SMA Kabupaten Lumajang telah dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,705. Nilai tersebut menunjukan hubungan yang signifikan dan positif dengan kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan MGMP Sejarah di Kabupaten Lumajang sudah cukup baik; (2) Profesionalisme guru sejarah di Kabupaten Lumajang sangat baik dalam menjalankan tugas profesinya sebagai seorang guru; (3) hubungan kegiatan guru di MGMP sejarah kabupaten Lumajang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan positif. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada (1) MGMP Sejarah seLumajang kegiatan MGMP dengan mengangkat materi - materi yang aktual; (2) Bagi Guru Sejarah se-Lumajang hendaknya dapat menjaga profesionalisme guru dari segi perencanaan, pelaksanaan, maupun penilaian/evaluasi pembelajaran; (3) untuk penelitian selanjutnya dapat memperdalam kembali mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan mutu berkaitan dengan kegiatan MGMP dan Profesionalisme guru Sejarah .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210302097;
dc.subjectHUBUNGAN KEGIATAN GURU DI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN ( MGMP ) DENGAN PROFESIONALISME GURU SEJARAH di SMA SE- LUMAJANGen_US
dc.titleHUBUNGAN KEGIATAN GURU DI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN ( MGMP ) DENGAN PROFESIONALISME GURU SEJARAH di SMA SE- LUMAJANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record