Show simple item record

dc.contributor.authorSRI RUSMILA F
dc.date.accessioned2015-03-11T06:16:57Z
dc.date.available2015-03-11T06:16:57Z
dc.date.issued2015-03-11
dc.identifier.nimNIM100210302012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61681
dc.description.abstractPenerapan Pembelajaran Quantum Teaching dengan Teknik Memori untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS 3 SMAN Tempeh Tahun Pelajaran 2013/2014, Sri Rusmila F, 100210302012; 2014. 309 halaman; Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas. Kurikulum 2013 menuntut pendidik untuk melaksanakan proses pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan kognitif, keterampilan, dan sikap peserta didik. Kurikulum 2013 memberikan kesempatan kepada pendidik untuk kreatif dalam mengelolah proses pembelajaran. Kenyataan dilapangan pembelajaran sejarah masih dipengaruhi paradigma tradisional. Peserta didik bersikap pasif dalam belajar, kurang aktif dalam berdiskusi, kurang berani bertanya, dan kurang bebas dalam mengeksplorasi keterampilannya. Pendidik dapat menerapkan pembelajaran quantum teaching dengan teknik memori untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Quantum teaching dengan teknik memori merupakan pembelajaran yang memiliki banyak kunci keterampilan mengelolah proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengalami proses belajar yang menyenangkan. Penerapan pembelajaran quantum teaching dengan teknik memori dapat membantu pendidik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah dengan cara yang menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan pembelajaran Quantum Teaching dengan Teknik Memori dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran Sejarah di SMAN Tempeh Tahun Pelajaran 2013/2014; (2) Apakah penerapan pembelajaran Quantum Teaching dengan Teknik Memori dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran Sejarah di SMA N Tempeh Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah ntuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 di SMAN Tempeh Tahun Pelajaran 2013/2014. Manfaat penelitian ini adalah bagi pendidik sebagai masukan dalam menentukan model pembelajaran yang efektif viii sehingga mampu mengatasi berbagai masalah yang timbul, khususnya pada mata pelajaran sejarah, bagi sekolah untuk memberikan informasi tentang model pembelajaran sehingga dapat memacu pendidik untuk meningkatkan kualitas pendidikan, peneliti lain sebagai bahan informasi berkenaan dengan permasalahan yang sama pada penelitian yang akan datang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian adalah 31 peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN Tempeh. Desain penelitian menggunakan model Skema Kemmis dan Mc Taggart dengan 4 tahapan pada tiap siklusnya, terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Pada siklus 1 presentase aktivitas belajar peserta didik mencapai 49,9%, pada siklus 2 meningkat menjadi 74,7%, pada siklus 3 meningkat menjadi 83,5%. Presentase ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siklus 1 mencapai 77,4%, pada siklus 2 dan 3 meningkat menjadi mencapai 100%. Nilai rata-rata siklus 1 mencapai 76,5, pada siklus 2 meningkat menjadi 81,7, pada siklus 3 meningkat menjadi 87. Presentase afektif siklus 1 mencapai 59%, meningkat menjadi 73,8% pada siklus 2, meningkat menjadi 77,8% pada siklus 3. Presentase psikomotor peserta didik siklus 1 mencapai 60,9%, meningkat menjadi 78,8% pada siklus 2, pada siklus 3 meningkat menjadi 84,7%. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Penerapan quantum teaching dengan teknik memori mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN Tempeh Tahun Pelajaran 2013/2014; (2) Penerapan quantum teaching dengan teknik memori mampu meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN Tempeh Tahun Pelajaran 2013/2014. Rekomendasi saran dari peneliti antara lain: (1) bagi pendidik, sebagai variasi pembelajaran yang bisa meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah; (2) bagi pihak sekolah, menjadi alternatif mengembangkan prose pembelajaran yang dinamis dan berkualitas; (3) bagi peneliti berikutnya, dapat menjadi masukan pada penelitian selanjutnya dengan tema yang sama.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210302012;
dc.subjectPenerapan Pembelajaran Quantum Teaching dengan Teknik Memori untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Peserta didik Kelas XI IPS 3 SMAN Tempeh Tahun Pelajaran 2013/2014en_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Quantum Teaching dengan Teknik Memori untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Peserta didik Kelas XI IPS 3 SMAN Tempeh Tahun Pelajaran 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record