dc.description.abstract | Pengaruh Daya Tarik Celebrity Endorser Dalam Iklan Terhadap Keputusan
Pembelian Simcard XL
Seiring dengan perkembangan teknologi telepon genggam dan gadget yang
semakin marak akhir-akhir ini tentu akan bersinergi dengan perkembangan bisnis
operator seluler yang semakin pesat, hal ini dikarenakan kebutuhan masayarakat akan
akses komunikasi seluler juga semakin meningkat. Saat ini tercatat bahwa terdapat 11
operator dan layanan telekomunikasi seluler di Indonesia yang terdiri dari GSM
Keputusan pembelian konsumen dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor,
salah satunya adalah iklan. Salah satu bentuk kreatifitas yang dilakukan oleh para
pelaku iklan dalam rangka membuat iklan yang menarik adalah dengan cara
menggunakan daya tarik celebrity endorser yang banyak digemari agar dapat menarik
ix
perhatian konsumen dan dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Celebrity Endorser adalah orang yang akan memberikan dorongan atau bujukan
kepada konsumen melalui perannya dalam sebuah iklan dan bertindak sebagai juru
bicara perusahaan. Popularitas, bakat, kharisma dan daya tarik yang dimiliki selebriti
sebagai endorser akan mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil
keputusan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari daya
tarik celebrity endorser dalam iklan terhadap keputusan pembelian simcard XL pada
mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2010-2013 Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Responden penelitian ini adalah
mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2010-2013 Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember yang menggunakan simcard XL
sebanyak 95 orang. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif dan inferensial. Hasil analisis diperoleh persamaan regresi Y = 0,625 +
0,788X + ei. Hasil uji F diperoleh F
hitung
x
= 348,109 > F
= 3,943 dengan tingkat
signifikansi 0,000 atau < 0,05, yang berarti bahwa daya tarik celebrity endorser
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian simcard XL.
Melalui koefisien determinasi diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,789, hal ini
menunjukkan bahwa pengaruh daya tarik celebrity endorser dalam iklan terhadap
keputusan pembelian simcard XL pada mahasiswa Program Studi Pendidikan
Ekonomi Angkatan 2010-2013 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Jember sebesar 78,9% sedangkan sisanya yaitu 21,1% dipengaruhi oleh variabel
bebas lainnya yang tidak diteliti. Kesimpulan bahwa daya tarik celebrity endorser
dalam iklan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian simcard XL pada
mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2010-2013 Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. | en_US |