Show simple item record

dc.contributor.authorDevie Sonia Arini
dc.date.accessioned2015-03-10T06:40:17Z
dc.date.available2015-03-10T06:40:17Z
dc.date.issued2015-03-10
dc.identifier.nimNIM100210301084
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61649
dc.description.abstractStrategi Pemasaran Home Industry Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso; Devie Sonia Arini, 100210301084; 2014: 67 halaman; Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Batik merupakan budaya asli Indonesia sebagai warisan leluhur yang patut dilestarikan sebagai kerajinan dari jaman kerajaan yang secara turun temurun proses pembuatannya tetap lestari hingga saat ini. Bahkan disetiap daerah di Indonesia memiliki corak dan ragam motif batik yang berbeda. Perkembangan jaman telah merubah seni batik menjadi sebuah usaha yang menjanjikan untuk dikembangkan menjadi produk jadi yang bereneka ragam dan mampu mendatangkan keuntungan. Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso merupakan salah satu home industry batik tulis yang ada di Kabupaten Bondowoso yang mampu berkembang bukan hanya memasarkan produknya dalam tingkat nasional saja tetapi mampu memasarkan produknya hingga kemancanegara. Mengusung konsep one product, one design, one colour telah menjadikan Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso sebagai satu-satunya batik tulis yang menjamin produk batiknya yang dipasarkan tidak akan memiliki produk yang kembar dipasaran. Pemilihan bahan baku yang berkualitas tinggi serta proses pembuatan batik tulis yang secara cermat dan teliti dikerjakan oleh tenaga-tenaga ahli dibidang batik menjadikan Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso menciptakan citra eksklusif dan elegan serta mewah dibenak konsumen. Penerapan strategi STP Penelitian ini menggunakan metode purposive area, sedangkan subjek pada penelitian merupakan pemilik Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif ix kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data melalui wawancara mendalam Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso menciptakan produk batik tulis dengan citra eksklusif dan elegan serta mewah dengan menentukan target pasarnya yaitu kalangan konsumen menengah keatas. Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso melakukan positioning dengan cara menempatkan diri sebagai batik tulis unggulan dibenak konsumen dengan selalu menjaga mutu dan kualitas produk batik tulisnya serta menonjolkan citra eksklusif dan elegan serta ditunjang dengan konsep yang matang yaitu one product one design one colour menjadikan Batik Tulis Sumbersari Maesan Bondowoso berkembang hingga kemancanegara seiring dengan perkembangan zaman.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210301084;
dc.subjectSTRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRY BATIK TULIS SUMBERSARI MAESAN BONDOWOSOen_US
dc.titleSTRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRY BATIK TULIS SUMBERSARI MAESAN BONDOWOSOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record