Show simple item record

dc.contributor.authorDesy Nur Kumalasari
dc.date.accessioned2015-03-10T06:24:38Z
dc.date.available2015-03-10T06:24:38Z
dc.date.issued2015-03-10
dc.identifier.nimNIM100210301109
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61648
dc.description.abstractPerbedaan Efektivitas Pembelajaran yang Menggunakan Program MYOB dengan Program GnuCash pada Kompetensi Dasar Mengentri Transaksi Kebutuhan dunia kerja saat ini mulai berkembang mengikuti kemajuan teknologi informasi Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif yaitu, untuk mengetahui perbedaan efektifitas pembelajaran yang menggunakan program MYOB dengan program GnuCash pada kompetensi dasar mengentri transaksi kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Lumajang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Kelas XII AK 1 yang terpilih sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XII AK 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu independen sampel t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan program MYOB dengan program GnuCash dapat mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu ada perbedaan yang signifikan pembelajaran yang menggunakan program MYOB dengan program GnuCash. Nilai rata-rata keterampilan siswa yang menggunakan program MYOB sebesar 84,85 sedangkan nilai rata-rata keterampilan siswa yang menggunakan program GnuCash yaitu 90,62. Nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan siswa kelas eksperimen lebih tinggi 5,77 daripada kelas kontrol.Selain itu nilai rata-rata tes siswa yang menggunakan program MYOB sebesar 78,12 sedangkan nilai rata-rata tes siswa yang menggunakan program GnuCash yaitu 89,00. Nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi 10,88 daripada kelas kontrol. Hal ini juga dibuktikan dengan menggunakan uji independent sampel t-tes untuk nilai keterampilan, nilai t hitung lebih besar dari t atau 3,903 > 1,990 sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara nilai tes kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selain itu uji independen sampel t-tes untuk nilai tes menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t atau 8,621 > 1,990. Dengan demikian pembelajaran menggunakan program GnuCash pada mata pelajaran komputer akuntansi kompetensi dasar mengentri transaksi lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210301109;
dc.subjecten_US
dc.titlePROGRAM MYOB DENGAN PROGRAM GNUCASH PADA KOMPETENSI DASAR MENGENTRI TRANSAKSIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record