Show simple item record

dc.contributor.authorAkhmad Dairobi
dc.date.accessioned2015-03-10T06:07:28Z
dc.date.available2015-03-10T06:07:28Z
dc.date.issued2015-03-10
dc.identifier.nimNIM080210301048
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61643
dc.description.abstractPerbedaan Keterampilan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dengan Menggunakan Media Aplikasi Microsoft Excel dan Microsoft Access (studi kasus pada siswa kelas XI IPS pada kompetensi dasar posting di SMAN 1 arjasa semester genap tahun ajaran 2013/2014);. Akhmad Dairobi; 080210301048; 2014; 50 halaman; Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Keterampilan dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Arjasa tergolong sedang. Hal ini karena media pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini berupa aplikasi microsoft excel mampu membantu siswa dalam proses pembelajaran akuntansi. Siswa mampu menguasai penggunaan software akuntansi microsoft excel namun pemanfaatannya masih belum maksimal. Hal ini karena adanya kelemahan yang dimiliki media ini. Kelemahan tersebut antara lain: tampilan yang masih kaku, tidak memiliki menu yang jelas, menggunakan formula yang rumit, maupun langkah yang harus dilakukan siswa banyak. Oleh karena itu penggunaan media aplikasi komputer akuntansi microsoft access menjadi perlu. Penggunaan media aplikasi komputer akuntansi microsoft access diharapkan dapat membantu proses pembelajaran sehingga siswa memiliki keterampilan dan hasil belajar yang lebih tinggi. Penelitian ini merupakan Penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk 1) mengetahui adanya perbedaan yang signifikan pada keterampilan siswa kelas XI IPS SMAN 1 Arjasa pada kompetensi dasar posting yang diajarkan dengan menggunakan media aplikasi komputer microsoft excel dan dengan menggunakan microsoft access. 2) mengetahui adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Arjasa pada kompetensi dasar posting yang diajarkan dengan vii menggunakan media aplikasi komputer microsoft excel dan dengan menggunakan microsoft access. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMAN 1 Arjasa Jember. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas XI IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 IPS 1, X1 IPS 2, dan kelas XI IPS 3. Sampel yang digunakan adalah kelas X1 IPS 1 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji mann-witney u dan uji t. Uji mann-witney u digunkan untuk menganalisa hasil observasi pada aspek keterampilan. Uji t digunakan untuk menganalisa hasil belajar pada ranah kognitif. Sebelum melakukan mann-witney u terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan teknik Shapiro-Wilk dan uji homogenitas. Sebelum melakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan teknik Shapiro-Wilk. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan keterampilan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan media microsoft excel dan microsoft access. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji mann-witney. nilai U sebesar 372 dan nilai W sebesar 1038. Apabila dikonversikan ke nilai Z maka besarnya -3,450. Nilai Sig atau P Value sebesar 0,001. Nilai dari p value lebih kecil dari batas kritis 0,05. Nilai p value yang lebih kecil dari nilai batas kritis 0,05 menunjukkan terdapat perbedaan bermakna pada skor keterampilan siswa kelas XI IPS SMAN 1 Arjasa pada kompetensi dasar posting yang diajarkan dengan menggunakan media aplikasi komputer microsoft excel dan dengan menggunakan microsoft access. Hasil tes menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan media aplikasi komputer akuntansi microsoft excel dan microsoft access. Hal ini dibuktikan dengan uji t. Nilai t-hitung dalam uji t adalah 2,859 yang lebih besar dari nilai t-tabel 1.66691 pada taraf signifikasi 0,05. Hal ini berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hipotesis alternatif (Ha) yang diterima menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai post- viiitest pada kelas yang diajarkan menggunakan media aplikasi komputer akuntansi akuntansi microsoft excel dan microsoft access.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210301048;
dc.subjectPERBEDAAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI MICROSOFT EXCEL DAN MICROSOFT ACCESSen_US
dc.titlePERBEDAAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI MICROSOFT EXCEL DAN MICROSOFT ACCESS (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS PADA KOMPETENSI DASAR POSTING DI SMAN 1 ARJASA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record