WACANA IKLAN BERBAHASA INDONESIA PADA KEGIATAN KAMPANYE PEMILU PRESIDEN 2014 DI TELEVISI
Abstract
Wacana Iklan Berbahasa Indonesia pada Kegiatan Kampanye Pemilu
Presiden 2014 di Televisi
Kampanye dalam bidang politik merupakan salah satu contoh bahasa sebagai
alat komunikasi yang memuat tujuan tertentu. Untuk mengetahui tujuan tersebut,
dibutuhkan suatu teori yang dapat membedah teks secara kritis. Salah satu teori yang
dapat digunakan adalah teori analisis wacana kritis oleh Teun A. van Dijk yang
mempunyai tiga kerangka analisis, yaitu dimensi teks, kognisi sosial, dan konteks
sosial. Dimensi teks terdiri atas stuktur mikro
Ruang lingkup dalam penelitian ini meliputi: a
Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif wacana kritis. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik rekam. Analisis data yang
digunakan terdiri dari tiga tahap, yaitu: a
Tema yang ditemukan di dalam wacana iklan berbahasa Indonesia pada
kegiatan kampanye Pilpres 2014 di televisi, berupa: a
vii
memilih dalam demokrasi. Bagian-bagian iklan yang ditemukan dalam iklan
kampanye Pilpres 2014 di televisi berupa butir utama
Detail yang ditemukan di dalam wacana iklan berbahasa Indonesia pada
kegiatan kampanye Pilpres 2014 di televisi berupa: a
Ideologi yang ditemukan di dalam wacana iklan berbahasa Indonesia pada
kegiatan kampanye Pilpres 2014 di televisi, yaitu: a
Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada: a