Show simple item record

dc.contributor.authorErma Wulandari
dc.date.accessioned2015-03-06T10:28:14Z
dc.date.available2015-03-06T10:28:14Z
dc.date.issued2015-03-06
dc.identifier.nimNIM070210402112
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61597
dc.description.abstractPenerapan Metode Eksplorasi Kata Berdasarkan Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa SMA Plus Darul Hikmah; Erma Wulandari, 070210402112; 2014: 78 halaman; Progam Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas Jember. Penerapan metode Eksplorasi kata berdasarkan gambar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Plus Darul Hikmah. Penerapan metode eksplorasi dilakukan karena kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kurang optimal. Kurangnya kemampuan menulis paragraf deskripsi disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa dalam mengembangkan gagasan menjadi karangan, serta penggunaan huruf besar, titik, dan koma yang masih salah. Kurangnya kemampuan siswa disebabkan metode yang digunakan guru hanya ceramah, serta tidak ada penggunaan media pembelajaran oleh guru. Hal tersebut membuat siswa pasif dan kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Kurangnya kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa dapat di lihat dari nilai rata-rata siswa, yakni 63,05 atau 76,47% siswa mendapatkan nilai rata – rata ≤ 75. Siswa yang mencapai ketuntasan nilai minimal hanya 4 siswa (23,53%) dari 17 siswa. Siswa dikatakan tuntas hasil belajar jika siswa tersebut mendapat nilai ≥ 75 secara perorangan dan mencapai nilai ≥ 75 secara klasikal. Model pembelajaran eksplorasi kata berdasarkan gambar digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa, karena model pembelajaran ini siswa terlibat aktif dalam menyusun paragraf berdasarkan gambaryang diamati. Berdasarkan hal tersebut permasalahan yang dibahas adalah : (a) bagaimanakah penerapan model eksplorasi kata berdasarkan gambar dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Plus Darul Hikmah, (b) bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa x kelas X SMAPlus Darul Hikmah setelah mengikuti pembelajaran dengan diterapkan model eksplorasi kata berdasarkan gambar. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa pada siklus I guru menggunakan media gambar, hal ini bertujuan untuk menggali kemampuan siswa dalam mengeksplorasi kata, sehingga siswa dapat mengembangkan kata tersebut menjadi paragraf deskripsi. Proses eksplorasi siswa pada siklus I belum tampak, masih terlihat sebagian siswa mencontoh pekerjaan teman. Selain itu, terdapat beberapa siswa yang bertanya kepada teman tentang tugas yang diberikan oleh guru, sehingga suasana di kelas tidak kondusif. Hal tersebut disebabkan karena jumlah gambar 4 karena jumlah gambar disesuaikan dengan jumlah kelompok yang terbentuk. Perbaikan dilakukan dengan membuat perangkat pembelajaran berupa LKS (Lembar Kerja Siswa) serta menambahkan jumlah gambar yang awalnya 4 menjadi 6 dengan tema yang berbeda. Hal tersebut dilakukan agar proses pembelajaran lebih kondusif dan proses eksplorasi kata muncul. Penerapan eksplorasi kata berdasarkan gambar pada siklus II sudah sesuai dengan rencana pembelajaran yang dibuat. Semua proses eksplorasi kata siswa muncul, sehingga pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan lancar dan mengalami peningkatan. Peningkatannya yakni, hasil belajar siswa meningkat dari 23,53% atau 4 siswa yang tuntas pada prasiklus menjadi 52,9% atau 9 siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 88,3% atau 15 siswa pada siklus II. Tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa adalah dengan memberikan materi tentang pemenggalan kata, penggunaan huruf besar, titik dan koma. Kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi pada siklus II jauh lebih baik. Simpulan yang diambil dari paparan hasil penelitian bahwa penerapan proses eksplorasi kata berlangsung sesuai rencana pembelajaran. Pada siklus I dilakukan perbaikan berupa penyediaan LKS (Lembar Kerja Siswa) dan penambahan media gambar yang awalnya berjumlah 4 menjadi 6 gambar pada xi siklus II. Pada siklus II penerapan metode eksplorasi kata berdasarkan gambar dalam pembelajaran sudah lancar. Adapun peningkatan kemampuan siswa yang awalnya 23,53% (nilai rata-rata 63,05) pada prasiklus menjadi 52,9% (nilai ratarata 74,76) pada siklus I 88,2% (nilai rata-rata 87,88) pada siklus II. Hasil penelitian dapat memberikan saran kepada beberapa pihak: (1) bagi siswa, siswa hendaknya lebih terlibat secara penuh dalam pembelajaran dan dapat menciptakan interaksi antar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, (2) seorang guru hendaknya lebih kreatif dalam menggunakan media dan metode dalam pembelajaran, (3) untuk peneliti lain, hendaknya lebih matang dalam menyiapkan perencanaan pembelajaran agar pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan perencanaan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402112;
dc.subjectPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MELALUI EKSPLORASI KATA BERDASARKAN GAMBAR PADA SISWA KELAS X SMA PLUS DARUL HIKMAH GAMBIRAN BANYUWANGIen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MELALUI EKSPLORASI KATA BERDASARKAN GAMBAR PADA SISWA KELAS X SMA PLUS DARUL HIKMAH GAMBIRAN BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record