Show simple item record

dc.contributor.authorElok Puji Prayekti
dc.date.accessioned2015-03-06T10:24:27Z
dc.date.available2015-03-06T10:24:27Z
dc.date.issued2015-03-06
dc.identifier.nimNIM070210402084
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61596
dc.description.abstractTindak Tutur Direkti Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Islam AL Hikmah Jember; Elok Puji Prayekti; 070210402084; 2014; 33 halaman; Program Studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Jurusan Pendidikan bahasa dan Seni; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Jember. Yayasan Pendidikan Islam AL Hikmah Jember merupakan lembaga pendidikan swasta yang menggunakan kurikulum yaitu kurikulum 2013. Salah satu peristiwa berbahasa yang menarik dikaji secara pragmatik, khususnya pada aspek tindak tutur adalah peristiwa tutur yang terjadi antara guru dan siswa SMP dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IX SMP Islam AL Hikmah Jember. Proses pembelajaran dikelas merupakan wujud tindak tutur seorang guru dalam mentransfer ilmu pada siswanya. Dalam proses tuturan tersebut sering kali guru melakukan ujaran direktif. Pada kelas IX SMP Islam AL Hikmah Jember. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan penelit ian ini adalah (1) bagaimanakah kategori t indak tutur direktif pada tuturan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas IX SMP Islam Al Hikmah Jember, (2) bagaimanakah konstruksi t indak tutur direktif pada tuturan guru dala pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX SMP Islam Al Hikmah Jember, Sesuai dengan permasalahan penelit ian, tujuan penelit ian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui t indak tutur direktif pada tuturan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas IX SMP Islam Al Hikmah Jember, (2) Untuk mengetahui konstruksi t indak tutur direktif pada tuturan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IX SMP Islam Al Hikmah Jember. Rancangan yang digunakan pada penelit ian ini adalah kualitatif. Jenis penelit ian deskriptif. Data penelit ian berupa tuturan beserta konteksnya yang diindikasikan sebagai t indak tutur direktif yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX SMP Islam Al Hikmah Jember. ix Berdasarkan hasil analisis dan pembahasannya ditemukan enam kategori tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IX SMP Islam Al Hikmah Jember. Enam kategori tindak tutur yang dimaksud adalah requestives, questionis, requirements, prohibitives, permissives, dan advisoris. Sedangkan konstruksinya terdiri dari konstruksi makna imperatif yang terdiri dari makna imperatif perintah, imperatif larangan, imperatif permintaan, imperatif suruhan, imperatif desakan, imperatif persilaan, imperatif anjuran, dan imperatif mengijinkan. Berdasarkan hasil penelit ian ada beberapa saran yang terkait dengan penelit ian ini, (1) bagi mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, disarankan hasil penelit ian ini sebagai alternatif referensi mata kuliah pragmatik, (2) bagi guru bahasa Indonesia, disarankan hasil penelit ian ini sebagai masukan untuk pengembangan materi pembelajaran di sekolah, (3) bagi penelit i kajian pragmatik slanjutnya, disarankan hasil penelit ian ini agar lebih dikembangkan secara mendalam yang berkaitan dengan kajian pragmatik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402084;
dc.subjectTINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP ISLAM AL HIKMAH JEMBERen_US
dc.titleTINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP ISLAM AL HIKMAH JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record