Show simple item record

dc.contributor.authorYudita Dwi Puspitasari
dc.date.accessioned2015-03-06T07:56:50Z
dc.date.available2015-03-06T07:56:50Z
dc.date.issued2015-03-06
dc.identifier.nimNIM100210204064
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61588
dc.description.abstractPengaruh Penerapan Model Pembelajaran IOC Salah satu model pembelajaran dalam pendekatan kontekstual yaitu model pembelajaran IOC Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran IOC Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanjungrejo 05 Jember, dimulai tanggal 23 September sampai dengan 6 Oktober 2014. Populasi penelitian adalah siswa kelas V-A dan kelas V-B dengan jumlah siswa masing-masing kelas 42 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes tulis pilihan ganda pada pre-test dan post-test. Pada penelitian ini, kelas V-B bertindak sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan model pembelajaran IOC vii mengajar dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data hasil Ulangan Harian. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS versi 20 dengan taraf signifikansi 5%. Dari uji t diperoleh hasil sebesar 0,589. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan = 1,9927. Hasil tersebut dapat diketahui bahwa hasil < independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan nilai selisih antara pre-test dan post-test. Nilai siswa dengan menerapkan model pembelajaran IOC 1,9927 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran IOC Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model pembelajaran IOCen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204064;
dc.subjectPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IOC ( MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MENCERITAKAN TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU-BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA DI SDN TANJUNGREJO 05 JEMBERen_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IOC ( MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MENCERITAKAN TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU-BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA DI SDN TANJUNGREJO 05 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record