Show simple item record

dc.contributor.authorTri Intan Sari
dc.date.accessioned2015-03-06T07:19:49Z
dc.date.available2015-03-06T07:19:49Z
dc.date.issued2015-03-06
dc.identifier.nimNIM100210204139
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61587
dc.description.abstractPenerapan Metode Diskusi Dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas III dalam Pembelajaran Pkn Tema Lingkungan di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember Tahun Ajaran 2014-2015”; Tri Intan Sari; 100210204139; 2010; 73 halaman; Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kondisi awal yang diperoleh peneliti dari hasil observasi, diketahui bahwa guru masih menggunakan metode mengajar yang bersifat konvensional Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember. Penelitian ini dilakukukan dalam 2 siklus. Jumlah siswa kelas III seluruhnya adalah 27 orang. Jumlah siswa laki-laki sebanyak 7 siswa, dan siswa perempuan sebanyak 20 siswa. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Hasil observasi awal mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas siswa kelas III dalam pembelajaran PKn yaitu 51% dan termasuk pada kriteria cukup. Adapun hasil dokumentasi mengenai hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran PKn yang diperoleh dari ulangan harian, menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar viii siswa kelas III pada pra siklus adalah 48% dan termasuk pada kriteria hasil belajar kurang. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dengan penerapan metode diskusi menggunakan media gambar. Berdasarkan hasil analisis data mengenai aktivitas belajar siswa kelas III pada siklus I dan II, diperoleh data bahwa pada siklus I perolehan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 73,2% dan termasuk pada kriteria aktif. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 83,6% dan termasuk pada kriteria sangat aktif. Sedangkan hasil analisis data mengenai hasil belajar siswa kelas III pada siklus I dan siklus II, diperoleh data bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 75,14 dan termasuk pada kriteria hasil belajar baik, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 86 dan termasuk pada kriteria hasil belajar sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil observasi aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember dari pra siklus, siklus I, dan siklus II, terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Saran bagi kepala sekolah hendaknya dapat menyarankan kepada guru untuk menggunakan metode diskusi dan menggunakan media gambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta dapat menggunakan metode diskusi sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan metode pembelajaran dalam pembelajaran PKn. Bagi peneliti lain hendaknya dapat dijadikan sebagai informasi untuk melakukan penelitian sejenis dengan bahasan yang berbeda dan hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan acuan atau referensi mengenai penerapan metode diskusi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204139;
dc.subjectPENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN PKn TEMA LINGKUNGAN DI SDN SUMBERLESUNG 02 LEDOKOMBO JEMBER TAHUN AJARAN 2014-2015en_US
dc.titlePENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN PKn TEMA LINGKUNGAN DI SDN SUMBERLESUNG 02 LEDOKOMBO JEMBER TAHUN AJARAN 2014-2015en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record