Show simple item record

dc.contributor.authorNita Dwi Lestari
dc.date.accessioned2015-03-06T07:15:48Z
dc.date.available2015-03-06T07:15:48Z
dc.date.issued2015-03-06
dc.identifier.nimNIM070210204295
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61586
dc.description.abstractPeningkatan Aktvitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Energi Panas dan Bunyi Melalui Metode Eksperimen dengan Menggunakan Media Peta Konsep Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Patokan Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013”; Nita Dwi Lestari; 070210204295; 2013: 52 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pembelajaran di SDN 4 Patokan masih menerapkan metode konvensional yang mengakibatkan pembelajaran bersifat monoton sehingga suasana pembelajaran kurang kondusif. Siswa kurang memahami materi yang diajarkan dan hasil belajar siswa tidak berjalan secara maksimal, sehingga berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimanakah peningkatan aktvitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi pokok energi panas dan bunyi melalui metode eksperimen dengan menggunakan media peta konsep pada siswa kelas IV SDN 4 Patokan Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013”?. Penelitian ini bertujuan : untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Patokan Situbondo pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 4 Patokan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo, pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Patokan sejumlah 23 orang siswa. Pelaksanaan pembelajaran dimulai tanggal 11 sampai 20 Januari 2012. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Rancangan penelitian dilakukan dengan menggunakan siklus model dari Hopkins. Data dianalisis menggunakan deskriptif dari hasil observasi dan wawancara. x Hasil penelitian tindakan kelas diperoleh aktivitas pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 87 %. Apabila disesuaikan dengan kriteria aktivitas siswa tergolong kategori sangat aktif. Sedangkan pada hasil belajar siklus I sebesar 65,21% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,95%s Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan media peta konsep pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi maka aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Patokan Kecamatan Situbondo akan meningkat.Saran dari penelitian ini adalah dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, setidaknya metode eksperimen dengan menggunakan media peta konsep dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA di sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204295;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP PADA SISWA KELAS IV SDN 4 PATOKAN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP PADA SISWA KELAS IV SDN 4 PATOKAN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record