dc.description.abstract | enerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya untuk
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pecahan Siswa
Kelas IVB SDN Jember Kidul 04 Tahun Pelajaran 2013/2014; David Ardiyanto;
100210204144; 2014; 64 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Jember.
Pembelajaran matematika di SDN Jember Kidul 04 Jember dilihat dari hasil
belajar yang diperoleh siswa pada Ujian Akhir Semester masih rendah. Dari 43
siswa, hanya 18 siswa atau 41,86% siswa yang nilainya memenuhi KKM
Dari rumusan masalah tersebut, ditentukan tujuan penelitian sebagai berikut:
ix
menerapkan pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada pokok bahasan
pecahan.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 Jember tahun pelajaran
2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 43 anak.
Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran pemecahan
masalah model Polya pada pokok bahasan pecahan dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas IVB di SDN Jember Kidul 04 Jember. Setelah
dilaksanakannya pembelajaran pemecahan masalah model Polya pada siklus I,
persentase aktivitas belajar siswa rata-rata secara klasikal 55,62% dan termasuk
kategori cukup aktif, sedangkan pada pembelajaran siklus II persentase aktivitas
belajar siswa meningkat menjadi 68,22% dan termasuk dalam kategori aktif yang
berarti mengalami peningkatan 12,20%. Pada siklus I hasil belajar siswa rata-rata
secara klasikal 48,84%, sedangkan pada pembelajaran siklus II hasil belajar siswa
secara klasikal 72,09%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dari siklus I
ke siklus II mengalami peningkatan 23,25%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam penerapan pembelajaran
pemecahan masalah model Polya pada pokok bahasan pecahan di kelas IVB SDN
Jember Kidul 04 dapat dilaksanakan dengan baik meskipun terjadi beberapa kendala.
Saran dari penelitian ini untuk meminimalisir terjadinya kendala, bisa disiasati
dengan cara mencatat nama-nama siswa yang ramai sendiri, memberikan hadiah bagi
kelompok atau individu yang tertib selama proses pembelajaran, dan dengan model
Polya kita bisa tanamkan pada diri anak bahwa soal pemecahan masalah itu mudah
jika diselesaikan dengan langkah-langkah yang sistematis. | en_US |