• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS III SDI AL-KHAIRIYAH BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Damai Yudha Bachtiar - 100210204096.pdf (1.302Mb)
    Date
    2015-03-06
    Author
    DAMAI YUDHA BACHTIAR
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Pada Siswa Kelas III SDI Al-Khairiyah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015; Damai Yudha Bachtiar; 100210204096; 46 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Menulis puisi merupakan suatu bentuk kegiatan pengekspresian diri melalui tulisan yang didalamnya terdapat makna yang tersirat. Pembelajaran keterampilan menulis puisi pada tingkat sekolah dasar diharapkan siswa mampu menghayati dan menulis puisi dengan baik. Kenyataannya, pada siswa kelas III SDI Al-Khairiyah Banyuwangi keterampilan menulis puisi siswa masih rendah. Beberapa kelemahan siswa dalam menulis puisi yaitu ketidakmampuan siswa dalam menyampaikan imajinasi melalui kata-kata dalam bentuk puisi dan tidak terampil dalam memilih dan menyusun kata-kata dalam bentuk puisi. Salah satu penyebab dari permasalahan di atas adalah kurangnya penerapan atau penggunaan media pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat menstimulus minat belajar siswa. Media kartu kata bergambar merupakan salah satu alternatif media untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, karena media ini dapat membantu siswa menyampaikan imajinasi melalui kata-kata dalam bentuk puisi, dapat membantu pemilihan kata yang sesuai dengan adanya pilihan kata yang telah disediakan, dan mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) ix penggunaan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III semester I di SDI Al-Khairiyah Banyuwangi tahun pelajaran 2014/2015, 2) Penelitian ini dilakukan di kelas III SDI Al-Khairiyah Banyuwangi dengan subjek penelitian sejumlah 38 siswa, yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan media kartu kata bergambar yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa pada siklus I berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran. Pada siklus II guru melakukan perbaikan dengan mengkondisikan kelas agar lebih kondusif dan menjelaskan materi puisi lebih rinci dengan membedakan menulis kalimat, cerita, dan puisi. Perbaikan yang dilakukan pada siklus II ini dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi karena siswa mampu menulis puisi lebih baik dari sebelumnya dengan memperoleh nilai lebih baik dari siklus I. Hal ini ditunjukkan dengan adanya persentase hasil belajar siswa dalam menulis puisi sebagai berikut. Pada tahap prasiklus, siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak 23 siswa dengan persentase 60,53%. Pada siklus I keterampilan menulis puisi siswa mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak 27 siswa dengan persentase 71,05%. Pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 sebanyak 32 siswa dengan persentase 84,21%. Saran bagi pihak sekolah, hendaknya mendukung upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Bagi guru, hendaknya dapat mengembangkan dan menerapkan media yang lebih bervariasi sehingga dapat menstimulus minat belajar siswa. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat menciptakan dan mengembangkan media pembelajaran yang lebih variatif dan kreatif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61583
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [13116]

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta