• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MAJAS DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENGAYAAN MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Ninin Yunita Kristanti_1_15.pdf (275.0Kb)
    Date
    2013-07-12
    Author
    Ninin Yunita Kristanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata salah satunya adalah novel Sang Pemimpi. Novel ini memiliki dua tokoh utama yaitu Ikal dan Arai, berlatar di Belitong, menceritakan kisah kehidupan yang penuh dengan perjuangan hidup dalam meraih cita-cita dan mimpi dalam menghadapi kemiskinan dan lingkungan kumuh. Novel ini dipilih sebagai bahan kajian gaya bahasa khususnya majas karena banyak mengandung majas di dalamnya. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan: (1) bagaimanakah majas yang digunakan pada novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata?; (2) bagaimanakah implementasinya dalam pengayaan materi pembelajaran majas dengan menggunakan novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata di SMA? Tinjauan pustaka dalam penelitian ini mencakup: (1) bahasa; (2) fungsi bahasa; (3) gaya bahasa dan majas; (4) jenis-jenis majas; dan (5) pengertian novel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dan data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat-kalimat, paragraf-paragraf yang memaparkan tentang majas yang terdapat di dalam novel tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif-interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, novel tersebut banyak terdapat majas yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran, diantaranya majas (1) Hiperbola; (2) Litotes; (3) Ironi; (4) Oksimoron; (4) Zeugma dan Silepsis; (5) Inuendo; (6) Antifrasi; (7) Paradoks; (8) Histeron; (9) Hipalase; (10) Sinisme; (11) Sarkasme; (12) Sinekdoke; (13) Eufimisme; (14) Eponim; (15) Epitet; (16) Antonomasia; (17) Asindenton; (18) Tautotes;; (19) Metafora (20) Simile; (21) Metafora; (22) Personifikasi; (23) Dipersonifikasi; (24) Alegori; (25) Antitesis; (26) Pleonasme; dan (27) Antisipasi. kedua, implementasi dalam pembelajaran majas SMA kelas XI dengan menggunakan majas dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata didasarkan dengan berpedoman pada standar kompetensi dan kompetensi dasar berupa menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia atau terjemahan tentang gaya bahasa khususnya majas. cara yang digunakan yaitu dengan memberikan materi majas kemudian memberikan novel atau dapat juga berupa fotokopi novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata kepada siswa, kemudian siswa diminta untuk membaca sekaligus menganalisis majas yang ada dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan: (1) terdapat jenis-jenis majas di dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dengan jumlah yang cukup banyak; (2) implementasi pembelajaran majas di SMA dengan berpedoman pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang relevan dengan jenis penelitian yaitu menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia atau terjemahan yaitu pengayaan majas dengan indikator siswa mampu menganalisis unsur intrinsik novel Indonesia berupa gaya bahasa khususnya majas. Saran yang diberikan adalah (1) bagi penelitian berikutnya, dengan diperolehnya hasil kajian tentang majas dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata, perlu diadakan penelitian lebih lanjut terhadap novel tersebut dengan menggunakan pendekatan dan metode yang berbeda. misalnya novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dikaji dengan menggunakan metode estetika yang ditekankan pada aktivitas pembaca sebagai penikmat dan memberikan tanggapan terhadap karya sastra tersebut, hal tersebut bertujuan agar penelitian selanjutnya lebih bervariasi; (2) bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, disarankan untuk mencoba mengakomodasikan hasil kajian ini sebagai analisis siswa dalam merangka memenuhi kompetensi dasar berupa menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia atau terjemahan tentang gaya bahasa khususnya majas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/615
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository