dc.description.abstract | Kualitas Pelayanan Penerbitan Sertipikat Peralihan Hak Milik atas Tanah Jual
Beli di Kantor Pertanahan Kabupaten Jember; Ratna Trias Sefriani;
090910201071; 2014; 104 halaman; Program Studi Ilmu Administrasi Negara;
Jurusan Ilmu Administrasi; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan penerbitan
sertipikat peralihan hak milik atas tanah jual beli di Kantor Pertanahan Kabupaten
Jember. Tanah merupakan fungsi sosial yang perlu diatur dan dikelola mengenai
kepemilikan hak atas tanah yang diatur dalam UU RI No. 5 tahun 1960 dan PP RI
No. 24 tahun 1997. Fokus penelitian ini pada pelayanan penerbitan sertipikat
peralihan hak milik atas tanah jual beli karena pada tahun 2013 memiliki pemohon
terbanyak. Peralihan sertipikat jual beli merupakan suatu peralihan sertipikat hak
milik yang berpindah nama, yang awalnya nama pada sertipikat adalah pihak penjual
lalu berpindahlah hak milik atas tanah tersebut menjadi sertipikat hak milik dari pihak
pembeli berdasarkan kesepakatan dan ketentuan yang berlaku. Secara empiris
permasalahan terjadi karena pada waktu penyelesaian sertipikat yang melebihi
standarnya, informasi yang kurang jelas dari pegawai layanan sehingga masyarakat
tidak paham mengenai persyaratan dan alur pelayanan.
Pengukuran kualitas pelayanan menggunakan model Service Quality yang
diperoleh dari perhitungan selisih antara skor persepsi dengan skor harapan
berdasarkan lima dimensi yaitu bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan,
dan empati. Apabila pelayanan yang diterima sesuai harapan maka kualitas pelayanan
baik; jika pelayanan yang diterima melebihi harapan maka kualitas pelayanan sangat
baik atau ideal; dan apabila pelayanan yang diterima lebih rendah dari harapan maka
kualitas pelayanan buruk atau tidak baik (Parasuraman et al. dalam Tjiptono,
2000:60). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif, sampel penelitian berjumlah 70 dan sampel tersebut adalah pemohon yang
viii
sudah mendapatkan pelayanan penerbitan sertipikat peralihan hak milik atas tanah
jual beli dan 70 responden tersebut mempunyai 3 karakteristik yaitu berdasarkan
komunikasi getok tular, kebutuhan pribadi dan pengalaman masa lalu. Teknik
pengambilan sampel menggunakan sampling insidental. Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan April sampai Juni 2014 di Kantor Pertanahan Kabupaten Jember. Sumber
data yang digunakan menggunakan sumber data sekunder dan primer, sedangkan
metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara,
angket atau kuesioner dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan nilai negatif dengan skor -11,4 yang berarti
bahwa kualitas pelayanan penerbitan sertipikat peralihan hak milik atas tanah jual beli
di Kantor Pertanahan Kabupaten Jember tidak baik karena pelayanan yang diterima
responden lebih rendah daripada harapan responden. Untuk hasil dari lima dimensi
kualitas pelayanan tersebut yaitu dimensi bukti fisik skor ServQual +0,4; dimensi
keandalan skor ServQual -18,5; dimensi daya tanggap skor ServQual -13; dimensi
jaminan skor ServQual -11,7; dan dimensi empati skor ServQual -14,5. | en_US |