Show simple item record

dc.contributor.authorAnas Romzy Hibrida
dc.date.accessioned2015-02-28T06:55:41Z
dc.date.available2015-02-28T06:55:41Z
dc.date.issued2015-02-28
dc.identifier.nimNIM070910201090
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61477
dc.description.abstractStudi Efektifitas Implementasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di MTs Darussalam Jember Tahun 2013; Anas Romzy Hibrida, 070910201090; 2014; 128 halaman; Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Perubahan dan dinamika kehidupan masyarakat modern menuntut bangsanegara untuk menguasi informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi. Indonesia sebagai salah satu negara dunia berkembang tentu memerlukan kesiapan dan kemampuan anggotamasyarakatnya berupa daya adaptasi dengan nilai-nilai baru, daya saing/kompetisi, dan kreativitas untuk dapat eksis di era peradaban informasi. Pendidikan merupakan pilihan strategis untuk melakukan proses perubahan sosial menuju masyarakat yang cerdas, beradab, adil, makmur dan sejahtera. Pendidikan berfungsi membentuk watak peradaban sebuah bangsa yang beradab dan bermartabat. Untuk itu, pemerintah menjadikan bidang pendidikan sebagai agenda penting dalam pembangunan nasional sekaligus menjadi prioritas utama dalam rencana kerja pemerintah. Sebagai upaya penuntasan wajib belajar 9 tahun, pemerintah menggulirkan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dasar 9 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas implementasi program bantuan operasional sekolah (BOS) di MTs Darussalam Jember dan hambatan hambatan yang terjadi dalam implementasi program tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Bruce W. Tuckman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, studi dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pemanfaatan program BOS berjalan cukup efektif. Dari segi input program BOS menunjukkan bahwa vii kualitas SDM, Penerimaan Siswa Baru, Peningkatan kemampuan tenaga pendidik, sarana prasarana pendidikan dan peraturan terkait berjalan cukup efektif dari pemanfaatan dana BOS. Segi Proses menunjukkan bahwa Implementasi program BOS dijalankan dan dilaporkan sesuai Juklak dan Juknis. Dari segi output menunjukkan bahwa dengan adanya dana BOS dapat meringankan biaya peserta didik, meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan prestasi siswa di bidang akademik dan non akademik. Hambatan yang masih muncul dalam implementasi Program BOS ini adalah minimnya sosialisasi dari pihak madrasah selaku pengelola dana BOS, Pencairan dana BOS yang sering terlambat, serta pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi program yang tidak dilakukan secara berkala. Beberapa kebijakan dirasa perlu untuk memperbaiki dan meminimalisir hambatan yang terjadi dalam Implementasi Program BOS agar dapat berjalan efektif. Kata kunci: Efektivitas, Implementasi Kebijakan, Program BOSen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070910201090;
dc.subjectSTUDI EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI MTs DARUSSALAM JEMBER TAHUN 2013en_US
dc.titleSTUDI EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI MTs DARUSSALAM JEMBER TAHUN 2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record