dc.description.abstract | Tanggung Jawab Sosial dalam Mempertahankan Citra Perusahaan Pada
Hotel Bintang Mulia Jember; Evi Dwi Isnanti, 100910202027: 2014: 96
Halaman, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Jurusan Ilmu
Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember.
Tanggung Jawab sosial perusahaan merupakan bentuk tanggung jawab
perusahaan kepada stakeholder maupun shareholdernya dalam menjalankan
aktifitas bisnisnya. Tanggung jawab sosial perusahaan biasanya digunakan
untuk meminimalisir dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif
kegiatan bisnis suatu perusahaan yang nantinya akan berdampak pada citra
perusahaan di mata masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskriptifkan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan pada Hotel
Bintang Mulia Jember untuk mempertahankan citra perusahaan. Penelitian ini
menggunakan paradigma kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi dan metode wawancara mendalam dan tidak terstruktur
dengan menggunakan analisis data reduksi data, penyajian, dan penarikan
kesimpulan.
Sebagai perusahaan yang besar sudah seharusnya Hotel Bintang Mulia
Jember peduli pada hak-hak karyawan, masyarakat, investor maupun
konsumennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskriptifkan
bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dalam mempertahankan citra
perusahaan pada Hotel Bintang Mulia Jember Tanggung jawab sosial pada
Hotel Bintang Mulia Jember meliputi Hak-hak karyawan, Hak-hak konsumen,
Hak-hak Masyarakat, Lingkungan, dan Pemerintah yang merupakan
penghormatan terhadap hak- hak karyawan yang memperhatikan K3
Karyawan salah satunya dengan membangun fasilitas untuk karyawan di
tempat kerja antara lain: kantin, SPTP, tempat peribadatan, perupahan
karyawan serta penyediaan tempat singgah. Kesehatan dan keselamatan kerja
viii
karyawan diwujudkan melalui program asuransi kesehatan dan keselamatan,
gaji, pakaian seragam, dan promosi jabatan. Program Hak-hak pelanggan yaitu
dengan memberikan pelayanan standard bintang
Bentuk tanggung jawab sosial perusahaan Hotel merupakan inisiatif dari
Hotel Bintang Mulia Jember. Bentuk kegiatan tanggung jawab sosial
perusahaan pada Hotel ada yang bersifat jangka panjang maupun jangka
pendek. Dampak positif dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan pada
Hotel Bintang Mulia bisa dilihat dari citra positif Hotel yang terbentuk di
masyarakat yang akhirnya membentuk loyalitas konsumen. Hal ini dibuktikan
dengan meningkatnya kunjungan konsumen pada Hotel Bintang Mulia
jember. Program tanggung jawab sosial di Hotel Bintang Mulia Jember telah
mencakup sasarannya. Namun ada beberapa hal yang kurang dimaknai dari
program tanggung jawab sosial tersebut yaitu kurangnya program yang
bersifat berkelanjutan untuk pembangunan masyarakat masih sangat sedikit
sekali. | en_US |