dc.description.abstract | Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang menuntut siswa untuk
berfikir secara kritis, kreatif dan mandiri dengan peran aktifnya dalam proses
pembelajaran. Hasil observasi awal di kelas IV SDN 1 Temuguruh Banyuwangi,
ditemukan aktivitas belajar siswa yang masih rendah. Rendahnya aktivitas belajar
mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Berdasarkan
data ulangan harian kelas IV dari 29 siswa hanya 6 siswa yang mendapat nilai ≥ 70
yaitu 70, 70, 95, 85, 70, 70, sedangkan 23 siswa yang lainnya mendapatkan nilai <
70.
Berdasarkan uraian di atas, maka perlu diupayakan perbaikan pembelajaran
pada mata pelajaran IPA dengan rumusan masalah bagaimana peningkatan aktivitas
belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan
model discovery. Tujuannya adalah untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas
belajar siswa dan mendiskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPA dengan menggunakan model discovery.
Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 1 Temuguruh Banyuwangi. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, sedangkan persentase aktivitas belajar
digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran
pada siklus 1 dan siklus 2. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk
ix
mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada
siklus 1 dan siklus 2. | en_US |