Show simple item record

dc.contributor.authorIMANUEL SETYO BUDI
dc.date.accessioned2013-07-12T02:02:42Z
dc.date.available2013-07-12T02:02:42Z
dc.date.issued2013-07-12
dc.identifier.nimNIM080210402009
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/613
dc.description.abstractDiksi adalah pilihan kata yang digunakan oleh penutur untuk menyampaikan ide kepada pendengar. Gaya bahasa dapat dikatakan sebagai cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian pembicara atau penulis. Membawakan sebuah acara adalah salah satu keterampilan berbicara. Diksi dan gaya bahasa mutlak dikuasai seseorang agar mampu memepersuasi dan meyakinkan lawan bicara. Alasan mengkaji diksi dan gaya bahasa leader dalam bisnis Tianshi adalah mengingat pentingnya pilihan kata yang digunakan oleh penutur dalam suatu acara presentasi bisnis. Hal ini juga yang memberikan pengaruh besar karena setiap kata yang digunakan penutur diusahakan mampu menciptakan suasana kebersamaan yang dialogis. Suasana dimana terciptakan emosi yang terkendali dan menjadi kekuatan pengikat antara penutur dengan pendengarnya. Suatu pembicaraan akan lebih menarik apabila terjadi komunikasi dialogis. Dipilihnya bisnis Tianshi sebagai objek penelitian ini berdasarkan hasil temuan yang didapatkan pada observasi awal, yaitu dalam tuturan leader bisnis Tianshi tersebut ditemukan diksi dan gaya bahasa yang bervariasi. Kajian ini difokuskan pada pembahasan mengenai diksi dan gaya bahasa. Pembahasan yang dikaji terdiri atas tiga masalah yaitu: 1) bagaimanakah penggunaan diksi yang dipakai leader dalam bisnis Tianshi, 2) bagaimanakah penggunaan gaya bahasa yang dipakai leader dalam bisnis Tianshi, dan 3) bagaimanakah pemanfaatan diksi dan gaya bahasa leader dalam bisnis Tianshi untuk pembelajaran berpidato di SMA. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penggunaan diksi yang dipakai leader dalam bisnis Tianshi, 2) mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa yang dipakai leader dalam bisnis Tianshi, dan 3) mendeskripsikan pemanfaatan diksi dan gaya bahasa leader dalam bisnis Tianshi untuk pembelajaran berpidato di SMA. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan teknik simak catat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang terdiri dari tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diksi yang digunakan leader dalam bisnis Tianshi yaitu meliputi penggunaan denotatif dan konotatif, penggunaan kata umum dan kata khusus, penggunaan kata ilmiah dan kata popular. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa yang digunakan leader dalam bisnis Tianshi yaitu meliputi gaya bahasa klimaks, antiklimaks, pararelisme, antitesis, repetisi, metafora, sinekdoke, dan gaya bahasa retoris. Melalui hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa diksi dan gaya bahasa leader dalam bisnis Tianshi juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif pengembangan materi pembelajaran berpidato di SMA sehingga siswa mampu menggunakan diksi dan gaya bahasa yang tepat dalam berpidato. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diberikan saran: 1) bagi mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, disarankan agar dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk menambah pengetahuan khususnya dalam mata kuliah retorika, 2) bagi guru Bahasa Indonesia, disarankan untuk dapat menggunakan penelitian ini sebagai alternatif pengembangan materi pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara, dan 3) bagi peneliti selanjutnya, disarankan dapat mengembangkan penelitian yang lebih luas, yaitu meneliti cakupan diksi dan gaya bahasa lain atau bisa juga meneliti dengan fokus penelitian yang sama tetapi pembahasannya lebih dirinci untuk menambah khasanah pengetahuan tentang diksi dan gaya bahasa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210402009;
dc.subjectDIKSI, GAYA BAHASA, PEMBELAJARAN BERPIDATOen_US
dc.titleDIKSI DAN GAYA BAHASA LEADER DALAM BISNIS TIANSHI DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN BERPIDATO DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record