dc.description.abstract | Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi seseorang dalam belajar.
diantaranya bakat numerik dan sikap kreatif. Khususnya fisika, bakat numerik dan
sikap kreatif mempermudah siswa dalam menghadapi permasalahan yang
dihadapinya. Semakin besar bakat numerik dan sikap kreatif semakin tinggi pula
prestasi belajar yang dicapai. Adapun permasalahan yang muncul adalah: 1.
Adakah hubungan yang signifikan antara bakat numerik dengan prestasi belajar
fisika, 2. Adakah hubungan yang signifikan antara sikap kreatif dengan prestasi
belajar fisika, 3. Adakah hubungan yang signifikan antara bakat numenk dan
sikap kreat1f dengan prestasi belajar fisika. Sedangkan penelitian mi bertujuan
untuk: 1. Mengetahui hubungan yang signifikan antara bakat numenk dengan
prestasi belaJar fisika, 2. Mengetahui hubungan yang signifikan antara sikap
kreatif dengan prestasi belajar fisika, 3. Mengetahui hubungan yang s1gnifikan
antara bakat numerik dan sikap kreatif dengan prestasi belaJar fisika. Untuk
menemukan jawaban dari permasalahan yang timbul perlu dilakukan penelitian,
daerah penelitian ditentukan dengan purposive sample area yaitu SLTPN 3
Jember. Responden diambil secara proportwnal random sarnplmg dengan teknik
undian, sebanyak 48 siswa. Sedangkan data diperoleh melalui dokumentasi, tes,
angket dan wawancara. Analisa data digunakan teknik statistik product moment
dan tabel interpretasi r. Hasil analisa data menunjukkan bahwa nilai korelasi
rxly=0,894 dan rx2y =0,817 yang diperoleh lebih besar daripada Ttnh=0,284, rhit juga
dikonsultasikan dengan tabel interpretasi, terletak pada interval 0,80<r<1 ,00
dengan interpretasi korelasi tinggi. Nilai Rr12 yang diperoleh=0,914 Mengetahui
signifikan tidaknya dikonsultasikan dengan tabel F, bahwa nilai Fhit- 114,192 yang
diperoleh lebih besar dari Ftab=3,205. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa: 1. Ada hubungan yang signifikan antara bakat numerik dengan prestasi
belajar fisika, 2. Ada hubungan yang signifikan antara sikap kreatif dengan
prestasi belajar fisika, 3. Ada hubungan yang signifikan antara bakat numerik dan
sikap kreatif dengan prestasi belajar fisika. | en_US |