Show simple item record

dc.contributor.authorFitri Amaliyah
dc.date.accessioned2015-02-16T06:46:44Z
dc.date.available2015-02-16T06:46:44Z
dc.date.issued2015-02-16
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61353
dc.description.abstractTes Pengetahuan awal adalah salah satu metode yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran, terutama untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Dimana tes pengetahuan awal ini adalah tes yang diberikan kepada siswa dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan siswa terhadap materi yang akan diberikan. Masalah yang kemudian muncul adalah, adakah perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang diberi tes penget:ahuan awal dengan siswa yang tidak diberi tes penget:ahuan awal? Manakah yang lebih baik prestasi belajar siswa yang diberi tes pengetahuan awal ataukah siswa yang tidak diberi tes pengetahuan awal ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang diberi tes pengetahuan awal dengan siswa yang tidak diberi tes pengetahuan awal dan manakah yang lebih baik prestasi belajar siswa yang diberi tes pengetahuan awal ataukah siswa yang tidak diberi tes pengetahuan awal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sedangkan metode yang digunakan untuk mendapatkan data adalah metode tes, interview, dokumentasi, dan observasi. Untuk pelaksanaannya dari seluruh populasi kelas 2 yang terdiri dari 4 kelas diambil 2 kelas secara acak setelah melalui uji homogenitas, yaitu I kelas dijadikan kelas kontrol dan satu kelas yang lain dijadikan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen (kelas II-C) diberi perlakuan yaitu berupa tes pengetahuan awal yang disertai dengan post-tes sedangkan untuk kelas control (II-A) diberi perlakuan berupa post-tes saja. Metode analisa yang digunakan pada pokok permasalahan satu adalah dengan metode T -tes, sedangkan untuk menjawab pokok masalah yang kedua adalah dengan menggunakan analisa grafik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Tidak ada pebedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa yang diberi tes pengetahuan awal dengan siswa yang tidak diberi tes pengetahuan awal, 2)Pemberian tes pengetahuan awallebih baik dari pada tanpa tes penget:ahuan awal.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectFISIKA, TES PENGETAHUAN AWALen_US
dc.titlePEMBERIAN TES PENGETAHUAN AWAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Komparatif Hasil Belajar Fisika Antara Siswa Yang Dibari Tes Pengetahuan Awal Dengan Siswa Yang Tidak Diberi Tes Pengetahuan Awal Pokok Bahasan Bunyi Pada Siswa Kelas II Semester 3 Di SLTPN 3 jember)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record