dc.description.abstract | studi tentang kolerasi antara tingkat pendidikan dengan partisipasi perangkat desa dalam pembangunan lingkungan hidup. Kalimat diatas adalah merupakan judul dari skrisi ini. Skripsi ini akan membahas tentang masalah-masalah pembangunan lingkungan hidup yang diprogramkan di desa-desa se wilayah kecamatan kanor, kabupaten daerah tingkat II bojonegoro. kemudian tentang partisipasi perangkat desa se wilayah kecamatan kanor dalam pembangunan tersebut, yang ditinjau dari segi tingkat pendidikan yang dimilikinya.permasalahan pokok dan tujuan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui hubungan timbal balik antara tingkat pendidikan perangkat desa dengan peran sertanya dalam pembangunan lingkungan hidup, baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun pemanfaatan hasilnya.
Dalam skripsi ini Juga memuat adanya hipotesa (kesimpulan sementara) dari teori-teori sebelumnya. adapun hipotesa tersebut berbunyi,"ada kolerasi antara tingkat pendidikan formal dengan partisipasi perangkat desa dalam pembangunan lingkungan hidup
hipotesa ini merupakan hipotesa induk atau pokok/mayor, dan hipotesa ini dibagi lagi menjadi tiga hipotesa kerja minor, yaitu :
a. Ada korelasi antara tingkat pendidikan formal dengan partisipasi perangkat desa dalam Perencanaan pembangunan lingkungan hidup
b. Ada kolerasi antara tingkat pendidikan formal dengan partisipasi perangkat desa dalam palaksanaan Pebangunan lingkungan hidup.
c . Ada kolerasi antara tingkat pendidikan formal dengan partisipasi perangkat desa dalam pemanfaatan hasil pembangunan lingkungan hidup.
Hipotesa-hipotesa tersebut, baik bipotesa minor maupun mayor akan dibuktikan atau diuji dengan kenyataan di lapangan dengan melalui kegiatan penelitian (research) . Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode yaitu : metode penentuan daerah penelitian, metode penentuan responden dan penelitian, metode pengumpulan data dan motode analisa data. Dalam penentuan daerah penelitian, penulis menentukan di wilayah kecamatan Kanor, kabupaten Daerah tingkat I I Bojonegoro. untuk metode penentuan responden penulis menggunakan Propertional Random Sampling yang menggunakan Rondomisasi dari Tabel bilangan Random. Sedangkan dalam metode pengumpulan data penulis menggunakan angket sebagai pengumpul data pokok (primer) , dan metode observasi, interview serta dokumenter
sebagai pengumpul data pendukung ( skunder) . Kemudian untuk metode analisa data penulis menggunakan metode statistik dengan rumus r ser yaitu : Dalam skripsi ini juga dimuat laporan basil penelitian, analisa data dan pengujian hipotesa.
Dari analisa datanya, maka diperoleh kesimpulan sebagal berikut bahwa ada korelasi positif antara tingkat pendidikan formal dengan partisipasi perangkat desa dalam pembangunan lingkungan hidup | en_US |