dc.description.abstract | Keberhasilan pembelajaran fisika di sekolah dapat dilibat dari hasil belajar
siswa. Hasil belajar dapat diamati dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal
berdasarkan konsep bahan ajar yang telah diberikan. Kemampuan berpikir yang baik
dalam penguasaan konsep bahan ajar, diperlukan untuk memecahkan suatu persoalan. Dari latar belakang muncul pennasalahan : berapa prosentase tingkat kemampuan
kognitif siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika bentuk essay tentang listrik
dinamik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan kognitif
siswa dalam menyelesaikan soal fisika bentuk essay. Adapun teknik pengambilan
sampel menggunakan sampel random sampling dengan cara undian. Adapun kondisi
sampel dianggap sudah homogen diambil dengan prosentase yang sama dari seluruh
populasi sebesar 15%. Data diambil dengan metode tes, angket, observasi. Metode
analisa data menggunakan nilai rerata.Hasil analisa data diperoleh proporsi masing-masing prosentase tingkat kemampuan
kognitif adalah sebagai berilrut : a) tingkat kemampuan pengetahuan ( C1 )
diperoleh rerata 49,65 %, b) tingkat kemampuan pemahaman ( C2 ) diperoleh rerata
52,7 %, c) tingkat kemampuan penerapan ( c3 ) diperoleh rerata 44,65 o/o.
Berdasarkan nilai prosentase masing-masing tingkat kemampuan dapat
disimpulbnkan bahwa tingkat kemampuan pengetahuan ( C1 ) termasuk dalam
kategori sedang, kemampuan pemahaman ( cl ) termasuk da1am kategori sedang,
kemampuan penerapan ( c3 ) tennasuk dalam kategori sedang. | en_US |