Show simple item record

dc.contributor.authorRinawati
dc.date.accessioned2015-02-16T02:14:52Z
dc.date.available2015-02-16T02:14:52Z
dc.date.issued2015-02-16
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61336
dc.description.abstractBerbagai macam faktor yang mempengaruhi hasil bebjar, salah satl.4 diantaranya arJalah metode mengajar. Semakin baik dan tepat seorang guru memilih metode mengajar dalam proses belajar mengajar, maka memungkinkan semakin tinggi hasil yang dicapai dalam belajar. Begitu pula sebatiknya. Selama ini metode yang banyak digunakan di sekolah-sekolah adalah metode ceramah, karena itu siswa cenderung bosan. Untuk mengatasi kebosanar. siswa itu peneliti mencoba menggabungkan antara metode ceramah disertai media kartun. Peneliti juga membandingkan antara metode ceramah disertai media kartun dengan pengajaran modul yang selama ini juga masih jarang diterapkan di sekolah. Jadi pcnclitian ini mempunyai tujuan: I . ingin mengetahui adalah perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika yang diajar menggunak:m metode ceramah disertai media kartun dengan pengajaran modul pokok bahasan kinematika gerak lurus untuk siswa kelas 1.4 dan 1.5 cawu 1 SMUN 2 Tanggul tahun pelajaran 2000/200 I . 2. ingin mengetahui manakah yang lebih baik hasil belajar siswa pada mala pelajaran fisika yang diajar menggunakan metode ceramah disenai media kartun dcngan pengajaran modul pokok bahasan kinemalika gerak lurus untuk siswa kelas 1.4 dan 1.5 cawu I SMUN 2 Tanggul Unluk menemukan jawaban pennasalahan, diawali dengan mengkaji teori yang kemudian mcrumuskan hipotesisnya. Subyak penelitian scbanyak 84 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengar metode dokumentasi, observasi, tes, dan interview Dalam penetian ini subjek penelltian dianggap sudah homogen, karene sudah ditentukan dari pihak sekolah Adapun analisa yang digunakan adalah analisa statistik dengan rumus t-tes. Dari hasil perhitungan didapatj.:an harga terhitung adalah 4,260. Pada derajat kebebasan (db) = 82 dengan taraf signifikan 5%diperoleh harga thitung sebesar 1 ,67. Sehingga harga thitung > tabel· Sedangkan kriteria pengujian hipotesa, Ho ditolak bila thitung> ttabel atau <ttabel. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dapat dilihat memang benar bahwa mean hasil tes siswa yang diajar menggunakan metode ceramah di sertai media kartun m, = 75,19048 lebih besar daripada mean hasil tes dari siswa yang diajar menggunakan modul my= 66,97619. Dari kenyataan tersebut berarti metode ceramah disertai media kartun lebih baik karena dan dengan adanya kriteria tersebut, maka hipotesa nihil yang diajukan ditolak, dengan demikian hipotesis kelja diterima yang dalam peneltian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode ceramah disertai media kartun dan pengajarran modul untuk kelas 1.4 dan 1.5 Cav.ru I SMUN 2 Tanggul tahun pelajaran 2000/2001 .en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DISERTAI MEDIA KARTUN . DENGAN PENGAJARAN MODULen_US
dc.titlePERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DISERTAI MEDIA KARTUN DENGAN PENGAJARAN MODUL (Studi pokok bahasan kinematika gerak lurus pada siswa kelas 1.4 dan 1.5 cawu I SMUN 2 Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2000 I 2001)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record