dc.contributor.author | Reni Nurhapsari | |
dc.date.accessioned | 2015-02-16T01:55:11Z | |
dc.date.available | 2015-02-16T01:55:11Z | |
dc.date.issued | 2015-02-16 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61335 | |
dc.description.abstract | Kegiatan pembelajaran dapat berjalan Jika ada interaksi antar faktor
belajar, yang diikuti dengan proses perubahan tingkah laku pada din s1swa
sebagai hasil dari suatu pengalaman. Salah satu pendekatan yang cocok daltlm
fisika adalah pendekatan keteramp!lan proses dengan menggunakan alat
percobaan. PermasaJahan yang dikaji dalam penehtian ini adalah : 1) adakah
perbedaan yang sigmfikan antara tes awal dan tes akhir hasil belaJar fisika dengan
pcnerapan pendekatan keterampilan proses: 2) bagaimanakah efektifitas
penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran fisika di SLTP ?.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan
yang signifikan antara tes awal dan tes akhir hasil belajar fisika dengan penerapan
pendekatan keterampilan prose~; 2) untuk mengetahui seberapa besar efeklifitas
penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran fi sika di SLTP.
Dalam penelitian ini digunakan rancangan one group pre-test post-test desrgn .
Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalab metodc tes, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisa data untuk menentukan perbedaan yang
signifikan antara pre-test dan pos-test digunakan rumus: t = U 1 V Lx2d N(N-1)
dan efektifitas pendekatan keterampilan proses dengan : 17 = (N2 - N1 N1) x 100%
. Dari hasil analisa data pengujian hipotesa keija diperoleh bahwa t1ut = 22.85702
sedangkan ttabcl = 0.70, sehingga Ha diterima. Untuk nilai efektifitas diperoleh
95.701% yang menunjukkan kriteria sangat efektif sehingga dapat disimpulkan
bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika sebelum dan
sesudah pembelajaran fisika dengan penerapan pendekatan keterampilan proses
dengan mengguna.kan alat percobaan oprik dalam pembelajaran fisika; 2)
penerapan pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan alat percobaan
optik sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika. | en_US |
dc.description.sponsorship | Universitas Jember | en_US |
dc.subject | PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERCOBAAN OPTIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA | en_US |
dc.title | PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERCOBAAN OPTIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Cahaya pada siswa kelas II 8 cawu II SL TP Negeri 10 jember Tahun Ajaran 2001 /2002) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |