Show simple item record

dc.contributor.authorReni Nurhapsari
dc.date.accessioned2015-02-16T01:55:11Z
dc.date.available2015-02-16T01:55:11Z
dc.date.issued2015-02-16
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61335
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran dapat berjalan Jika ada interaksi antar faktor belajar, yang diikuti dengan proses perubahan tingkah laku pada din s1swa sebagai hasil dari suatu pengalaman. Salah satu pendekatan yang cocok daltlm fisika adalah pendekatan keteramp!lan proses dengan menggunakan alat percobaan. PermasaJahan yang dikaji dalam penehtian ini adalah : 1) adakah perbedaan yang sigmfikan antara tes awal dan tes akhir hasil belaJar fisika dengan pcnerapan pendekatan keterampilan proses: 2) bagaimanakah efektifitas penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran fisika di SLTP ?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir hasil belajar fisika dengan penerapan pendekatan keterampilan prose~; 2) untuk mengetahui seberapa besar efeklifitas penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran fi sika di SLTP. Dalam penelitian ini digunakan rancangan one group pre-test post-test desrgn . Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalab metodc tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data untuk menentukan perbedaan yang signifikan antara pre-test dan pos-test digunakan rumus: t = U 1 V Lx2d N(N-1) dan efektifitas pendekatan keterampilan proses dengan : 17 = (N2 - N1 N1) x 100% . Dari hasil analisa data pengujian hipotesa keija diperoleh bahwa t1ut = 22.85702 sedangkan ttabcl = 0.70, sehingga Ha diterima. Untuk nilai efektifitas diperoleh 95.701% yang menunjukkan kriteria sangat efektif sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan penerapan pendekatan keterampilan proses dengan mengguna.kan alat percobaan oprik dalam pembelajaran fisika; 2) penerapan pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan alat percobaan optik sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERCOBAAN OPTIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKAen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERCOBAAN OPTIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Cahaya pada siswa kelas II 8 cawu II SL TP Negeri 10 jember Tahun Ajaran 2001 /2002)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record