Show simple item record

dc.contributor.authorMei Sukaryati
dc.date.accessioned2015-02-16T01:02:29Z
dc.date.available2015-02-16T01:02:29Z
dc.date.issued2015-02-16
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61330
dc.description.abstractFisika merupakan pengajaran yang lahtr dan berkembang berdasarkan observasi dan eksperimen. Sarana penunjangnya yaltu melalut laboratorium yang digunakan untuk kegiatan praktikum. Kegiatan eksperimen merupakan salah satu langkah pembinaan sikap ilmiah dalam diri stswa. Agar kegiatan eksperimen berjalan lancar maka diperlukan LKS yang dtgunakan sebagai pedoman atau petunjuk dalam melaksanakan eksperimen Permasalahan yang akan dta.Jukan dalam penelitian ini yaitu adakah perbedaan yang signilikan hasil belajar siswa melalui pembelajaran teoritis dan pembelajaran eksperimen disertai LKS bidang studi fisika pokok bahasan listrik statis pada siswa kelas II cawu III di SL TP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2001/2002 dan bagaimanakah efektivitas relatif pembelajaran teoritis dan pembelajaran eksperimen disertai LKS bidang studi fisika pokok bahasan listrik statis pada siswa kelas II cawu Ill di S L TP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2001 /2002. Tujuan penelitian 101 adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa melalui pembelajaran teoritis dan pembelajaran ekspenmen disertat LKS bidang studi fisika pokok bahasan listrik statis pada siswa kelas II cawu III di SL TP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2001 /2002 dan untuk mengetahui manakah yang lebih efektif hasil belajar siswa melalui pembelajaran teoritis dan pembelajaran eksperimen disertai LKS bidang studi fisika pokok bahasan listrik statis pada siswa kelas ll cawu lll di SLTP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2001 /2002. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, interview dan tes. Penentuan daerah dengan menggunakan cluster random sampling dengan teknik undian yang terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan diperoleh responden penehtian kelas llA (eksperimen disertai LKS) dan kelas lID (teoritis). Dari analisis data dan pengujian hipotesis didapat t1cs1 5,46 selanjutnya nilai ttest dikonsultasikan dengan t-tabel sehingga hipotesis nihil ditolak dan diterimanya hipotesis kerja yang berarti ada perbedaan yang signitikan hasil belajar siswa melalui pembelajaran teoritis dan pembelajaran eksperimen disertai LKS. Dan efektivitas relatifnya sebesar 27,8 % dikategorikan baik. Sehingga pembelajaran eksperimen disertai LKS lebih efektif daripada pembelajaran teoritis.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectSTUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEORITIS DAN PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DISERTAI LKS BIDANG STUDI FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK STATISen_US
dc.titleSTUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEORITIS DAN PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DISERTAI LKS BIDANG STUDI FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK STATIS KElAS II CAWU Ill SLTP NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2001/2002en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record