Show simple item record

dc.contributor.authorHeri Setyohadi
dc.date.accessioned2015-02-09T06:25:59Z
dc.date.available2015-02-09T06:25:59Z
dc.date.issued2015-02-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61313
dc.description.abstractPenelitian ini didasarkan pada hasil observasi di lapangan oleh peneliti bahwa banyak siswa yang masih belurn rnampu menguasai, rnenghayati dan menerapkan konsepkonsep, hukurn dan azas-azas Fisika dalam proses pernbelajaran. Sebagian besar siswa mempunyai kecenderungan bergantung pada ternan, tidak disiplin dan tidak bertanggung jawab, sehingga ketuntasan bel ajar yang di harapkan tidak dapat tercapai dalam suatu pembelajaran. Dari latar belakang tersebut disusun rumusan masalah yaitu : apakah pemberian tugas dapat memberikan ketuntasan belajar dan apakah pemberian tugas dapat meningkatkan pencapaian skor tiap ranah dari pretes ke pos tes ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemberian tugas yang bagaimana yang dapat mencapai ketuntasan belajar dan meningkatkan pencapaian skor tiap ranah. Manfaat penelitian adalah memberikan tambahan pengayaan cara belajar dalam meningkatkan ketuntasan belajar bagi siswa, dimana pemberian tugas dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam metode pembelajaran guna meningkatkan ketuntasan belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Responden penelitian ini adalah siswa kelas I D SMU Negeri 3 Bondowoso tahun pelajaran 2001-2002. Data awal diperoleh dari pretes, kemudian dilakukan tindakan dengan melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) yang dilengkapi dengan metode penugasan. Pada setiap akhir siklus dievaluasi dan diadakan penyempumaan terhadap metode tugas. Diakhir siklus 3 dilakukan pos tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Analisa data dengan menggunakan analisa ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar keseluruhan. Dari hasil analisis dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pemberian tugas dapat rnemberikan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 86,1 %, Pemberian tugas dalam pokok bahasan Usaha dan Energi juga dapat meningkatkan skor ketercapaian tiap ranah dari pretes ke pos tes cukup tinggi (rata-rata di atas 100 % ). Berdasarkan basil penelitian ini maka disarankan agar pernberian tugas dapat diterapkan sebagai salah satu altematif pembelajaran pokok bahasan Usaha dan Energi. Bagi para peneliti, penelitian ini masih dapat dilanjutkan sampai siklus 4 atau untuk pokok bahasan yang lain rentunya dengan memperhatikan situasi dan kondisi.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN METODE TUGAS PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGIen_US
dc.titlePEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN METODE TUGAS PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI SISWA KELAS I SMU NEGERI 3 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2001-2002 (Penelitian Tindakan Kelas)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record