Show simple item record

dc.contributor.authorEvi Yussyahrana Dewi
dc.date.accessioned2015-02-09T06:20:48Z
dc.date.available2015-02-09T06:20:48Z
dc.date.issued2015-02-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61312
dc.description.abstractPengajaran bidang studi fisika menuntut latihan-latihan lebih banyak untuk dapat menguasai dan bukan sekedar menghafal rumus-rumus. Untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa, diajukan suatu metode mengajar yaitu metode pemberian Jatihan, dibagi menjadi latihan terpusat dan Jatihan tersebar. Adapun permasalahan yang diajukan; a) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang diberi latihan terpusat dan yang diberi latihan tersebar pokok bahasan getaran, b)Seberapa besar efektivitas relatif pembelajaran dengan pemberian latihan terpusat dan latihan tersebar. Tujuan penelitian; a)Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar fisika siswa yang diberi latihan terpusat dan siswa yang diberi latihan tersebar pokok bahasan getaran , b)Untuk mengetahui seberapa besar efektivitas relatif pembelajaran dengan pemberian latihan terpusat dan latihan tcrsebar. Manfaatnya; a) Sebagai bahan musul-.an bugi guru agar al-.tir dan krcatir dalum bcrlindak scbagai pcnunlun siswa dalam proses belajar mengajar lisika, b) 13agi kepala sekolah, dapat digunakan sebagai acuan untuk mengarahkan pcngajaran disckolahnya agar lebih sistematis dan terencana, c)Sebagai bahan pertimbangan bagi para pcneliti yang berhubungan dengan masalah pcnelitian ini dalam ruang lingkup yang lebih luas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, interviu dan tes. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas yang dijadikan sample 2 kelas dari 5 kelas dan untuk menentukan kelas eksperimen A dan 8 diadakan teknik undian. Analisa data meggunakan rum us t-tes dan diperoleh hasil t~essebesar 2,5 sedangkan twtx:J sebesar 1,9907 maka ttcs>twbel. Untuk uji efektivitas diperoleh 27,5%, sesuai tabel kriteria efektivitas adalah cukup efektif. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran yang diberi latihan tersebar lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang diberi latihan terpusat. Berdasarkan hasil analisa data dan diskusi dapat disimpulkan; a) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diberi latihan terpusat dan latihan tersebar, b) Nilai efektivitas diperoleh sebesar 27,5%, hal ini berarti pemberian latihan tersebar cukup efektif dibandingkan dengan pemberian latihan terpusat.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectSTUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIBERI LATIHAN TERPUSAT DAN YANG DIBERI LATIHAN TERSEBARen_US
dc.titleSTUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIBERI LATIHAN TERPUSAT YANG DIBERI LATIHAN TERSEBAR (pokok bahasan getaran pada kelas ll Semester I SLTP 6 jember tahun pelajaran 2002/2003en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record