Show simple item record

dc.contributor.authorEka Fitriyah
dc.date.accessioned2015-02-09T03:10:44Z
dc.date.available2015-02-09T03:10:44Z
dc.date.issued2015-02-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61306
dc.description.abstractPendidikan mempunyai peranan penting untuk menunjang perkembangan, pertumbuhan dan kehidupan suatu bangsa. Penyelenggaraan pembelajaran pendidikan merupakan salah satu tugas utama guru. Dengan kata lain peranan guru sangat penting untuk tercapainya basil pembelajaran, sehingga timbul permasalahan yaitu faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan proses belajar mengajar yang dihadapi guru fisika SL TP ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan dan kondisi guru Se-Kotatif Jember.Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan mengbambat pelaksanan proses belajar mengajar ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan dan kondisi guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumenter. dan angket. Datanya berupa jawaban angket dari 31 responden yang ditentukan dengan menggunakan teknik populasi berdasarkan pada jumlab guru fisika SLTPN Se-Kotat:if Jember dan dianalisis per tiap item soal. Dari analisis data dapat disimputkan bahwa ditinjau dari perencanaan, faktor pendukung yaitu: pernbuatan Program Tahunan, Program Cawu, Satuan Pelajaran, Rencana Pembelajaran, dan Analisa Materi Pelajaran. Faktor penghambatnya yaitu: menentukan alokasi waktu secara rinci untuk setiap sub pokok bahasan, merumuskan langkah-langkah kegiatan belajar mengajar yang berkaitan dengan prinsip CBSA, merumuskan Tujuan Pembelajaran Kbusus, dan menjabarkan materi pembelajaran sesuai dengan waktu yang tersedia. Faktor pendukung ditinjau dari pelaksanaan yaitu: pemiliban metode pembelajaran, menentukan alat, pengelolaan kelas, penggunaan metode eksperiment, melakukan eksperiment. Faktor pengbambatnya yaitu: memilih dan menerapkan metode yang sesuai dengan waktu yang tersedia, menentukan alat dan media yang sesuai dengan pokok babasan, menumbuhkan kondisi belajar yang hangat dan antusias,menyediakan tempat untuk melakukan eksperirnent, dan kelengkapan dalam laboratorium. Faktor pendukung ditinjau dari kondisi guru yaitu: ijazah terakhir dan disiplin ilmu yang diterima, lama mengajar, behan mengajar, mengikuti lokakarya/penataran, dan pengaraban Suplemen GBPP. Faktor pengluunbatnya yaitu: ijazah dan disiplin ilmu yang tidak sesuai, belurn larnanya mengajar, beban mengajar yang terlalu banyak, tidak mengikuti lokakarya/penataran,dan tidak mendapatkan pengarahan Suplemen GBPP.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectSTUDr TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR FISIKAen_US
dc.titleSTUDr TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR FISIKA YANG DIHADAPI GURU FISIKA SLTP NEGERI SE-KOTATIF JEMBERen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record