Show simple item record

dc.contributor.authorArini Hidayati
dc.date.accessioned2015-02-09T03:00:55Z
dc.date.available2015-02-09T03:00:55Z
dc.date.issued2015-02-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61304
dc.description.abstractDalam pembelajaran fisika masih sering ditemui beberapa kendala yaitu guru kurang memperhatikan keadaan siswa dalam kelas, model pembelajaran yang kurang cocok, kondisi kelas yang pasif termasuk juga media yang kurang tepat. Lembar Kerja Siswa dalam model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu cara untuk mempermudah siswa menemukan dan memahami konsepkonsep fisika dengan mengaktifkan siswa untuk menyelesaikan soal-soal fisika dalam LKS, dimana soal-soal tersebut didiskusikan bersama dengan temannya dalam satu kelompok. Dari gambaran tersebut, maka timbullah rumusan masalah yaitu (1) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil bela jar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan LKS dalam model pembelajaran kooperatif? (2) Seberapa besar efektifitas penggunaan LKS dalam model pembelajaran kooperatif? Tujuan yang ingin diperoleh yaitu (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan LKS dalam model pembelajaran kooperatif (2) untuk mengetahui seberapa besar efektifitas penggunaan LKS dalam model pembelajaran kooperatif Metode penentuan responden dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara dan tes.Dari hasil analisa data didapatkan harga thitung = 12,663, dimana harga ttabcl = 2,02 ( db=40). Sedangkan untuk efektifitas diperoleh 11 = 50,04 % dengan kriteria efektif. Sehingga dapat disimpulkan (1) Ada perbedaan yang signitikan antara hasil belajar fisika siswa sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa dalam model kooperatif (2) Penggunaan Lembar Kerja Siswa dalam model pembelajaran kooperatif efektif digunakan dalam pembelajaran fisika.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN FISIKAen_US
dc.titlePENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN FISIKA (Studi Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasa Cahaya Pada Slswa Kelas II Cawu 2 SLTP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 200112002)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record