• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN STRATEGI PENGAJARAN RECIPROCAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Dinamika Gerak Lurus Pada Siswa Kelas 1 Semester 1 SMU Negeri 1 Rambipuji)

    Thumbnail
    View/Open
    Alfinatul lutfi_irh.pdf (2.056Mb)
    Date
    2015-02-09
    Author
    Alfinatul Lutfi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran tistka yang batk adalah yang menekankan pacta penanaman konsep fisika dan keterkattan antara konsep satu dengan yang lamnya Salah satu langkah awal yang pcrlu dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran lisika yang baik adalah menmgkatkan tugas be lajar stswa. Strategt pengajaran reciprocal adalah salah satu model pembelajaran yang dirancang khusus untuk memberikan wawasan pasta siswa tentang cara membaca pemahaman. Berdasarkan gambaran tersebut, maka timbul suatu rurnusan masalah yaitu: ( 1) adakah perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir hasil belajar fisika dengan menggunakan strategi pengajaran reciprocal dalam pembelajaran fisika ?; (2) Seberapa besar efektifitas penggunaan strategi pengajaran reciprocal dalam pembelajaran fisika ? Tujuan yang dicapai adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir pada pembelajaran dengan menggunakan strategi pengajaran reciprocal dalam pembelajaran fisika serta untuk mengetahui seberapa besar efektifitas penggunaan strategi pengajaran reciprocal dalam pembelajaran fisika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi , observasi, wawancara dan tes. Analisa data yang digunakan adalah t tes dan rumus efektifitas. Dari hasil analisa data diperoleh harga thinmg sebesar 11 ,353 dan ttabel sebesar 2,01 7 (db=43). Sedangkan untuk efektifitas diperoleh sebesar 66,35 % dengan kriteria efektif Sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) Ada perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir hasil belajar fisika dengan mengguna.kan strategi penga.jaran reciprocal dalam pembelajaran fisika. (2) Penggunaan strategi pengajaran reciprocal efektif digunakan dalam pembelajaran fisika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61303
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6314]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository