dc.description.abstract | Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar seseorang dalam belajar,
salah satu diantaranya adalah sikap. Sikap siswa terhadap pelajaran fisika dapat
membatasi atau mempermudah siswa untuk menerapkan keterampilan dan
pengetahuan yang sudah dikuasai. Permasalahan penelitian adalah: 1. Adakah
hubungan yang signifikan antara sikap siswa terhadap pelajaran fisika dengan
hasil belajar fisika, 2. sejauh mana hubungan antara sikap siswa terhadap
pelajaran fisika dengan hasil belajar fisika. Sedangkan penelitian ini bertujuan
untuk: l . mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara sikap siswa
terhadap pelajaran fisika dengan hasil belajar fisika, 2. mengetahui sejauh mana
hubungan antara sikap siswa terhadap pelajaran fisika dengan hasil belajar fisika.
Daerah penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling yaitu di SMU
Negeri l Aijasa. Responden diambil secara proportional random sampling. Data
diambil dari 65 siswa kelas II, melalui dokumentasi, observasi, angket dan
dilengkapi dengan wawancara. Analisa data digunakan teknik statistik product
momen dan tabel interpretasi r. Hasil analisa data menunjukkan bahwa nilai r
hitung 0,752 yang diperoleh lebih besar dari pada r tabel 0,244. r hitung
dikonsultasikan dengan tabel interpretasi, terletak pada interval 0,600 < I ~ 0,800
dengan interpretasi cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1. Ada
hubungan yang signifikan antara sikap siswa terhadap pelajaran fi.sika dengan
hasil belajar fisika, 2. Ada hubungan yang cukup antara sikap siswa terhadap
pelajaran fisika dengan hasil belajar fisika. | en_US |