Show simple item record

dc.contributor.authorTutuk Anis Susanti
dc.date.accessioned2015-02-09T02:19:59Z
dc.date.available2015-02-09T02:19:59Z
dc.date.issued2015-02-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61299
dc.description.abstractDalam rangka mengembangkan daya berfikir dan sikap kreatif siswa, guru dituntut untuk memahami dan mampu mengembangkan metode dalam mengajar. Khususnya menyusun program pengajaran yang dapat membangkitkan motivasi siswa, agar dapat berperan secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Menggunakan LKS merupakan satah satu cara untuk membuat siswa aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Maka dikenalkan LKS Model Generatif, yaitu suatu lembar kerja yang berisi petunjuk ohm pertanyaan yang mcnuntut siswa untuk aktif dalam mengemukakan pendapat dengan kata-katanya sendiri. kemudian menguji dengan pengetahuan yang telah dimiliki, mendiskusikan tentang kebenaran pemecahan masalah. Pembahasan yang akan dibahas adalah 1) adakah perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir basil bdajar fisika dengan menggunakan LKS Model Generatif ? dan 2) sejauhrnana efektivitas pembelajaran dengan menggunakan LKS Model Generatif ? serta 3) sejauhmana keberhasilan belajar dengan menggunakan LKS Model Generatif ? Responden Penelitian adalah siswa kelas II B cawu 2 di SLTP 3 Jember Tahun Pelajaran 2000/2001 . Metode Pengumpulan Data dengan menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perbedaan antara pre tes dan post tes sebesar 8,38 dan dapat dis1mpulkan bahwa 1 ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre tes dan post tes dalam pembelajaran dengan menggunakan LKS Model Generatif Efektivitas penggunaan LKS Model Generatif sebesar 31 ,42 % dengan kategori cukup efektif Sedangkan pencapaian Keberhasilan Belajar untuk nilai pre tes sebesar 58,39% dengan kategori kurang. Untuk nilai post tes sebesar 76,74 % dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan LKS Model Generatif cukup efe.ktif dan baik digunakan dalam pembelajaran fisika. Dengan demikian LKS Model Generatif dapat digunakan sebagai salah satu metode penyampaian materi pelajaran fisika dengan pokok bahasan bunyi.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPENGGUNAAN LKS MODEL GENERATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SLTPen_US
dc.titlePENGGUNAAN LKS MODEL GENERATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SLTP (Studt Hasil Belajar Pada Siswa Kelas II B Cawu 2 di SLTP 3 Jember Tahun Pelajaran 2000/2001 Pokok Bahasan Bunyi)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record