Show simple item record

dc.contributor.authorMas'udah
dc.date.accessioned2015-02-09T01:32:24Z
dc.date.available2015-02-09T01:32:24Z
dc.date.issued2015-02-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61292
dc.description.abstractKeberhasilan pembelajaran fisika tidak lepas dari beberapa prinsip, salah satunya adalah metode pembelajarannya. Metode ceramah dan diskusi merupakan metode yang banyak digunakan dalam pembelajaran fisika. Pelajaran fisika merupakan pelajaran yang menyangkut teori, konsep dan keadaan alam. Untuk. itu pembelajaran fisika tidak cukup dengan ceramah saja. Upaya yang harus ditempuh adalah dengan penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran fisika. Metode ini sering mendapatkan kendala yang cukup berarti yakni kurangnya sarana dan prasarana pernbelajaran yang ada. Sehingga upaya yang dilakukan adalah dengan penggunaan metodc eksperimen dengan menggunakan alat-alat praktikum sederhana. Hal ini dimaksudkan agar siswa mengetahui benda, kejadian dan proses kejadian dalam fisika Berawal dan itu timbul permasalahan adakah perbedaan yang signifikan antara tes awal dan terakhir hasil belajar fisika dalam pembelajaran menggunakan metode eksprimen dengan menggunakan alat-alat praktikum sederhana? dan bagaimana efektifitas penggunaan metode eksperimen dengan menggunakan alat-alat praktikum sederhana dalam pembelajaran fisika?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir hasil belajar fisika dalam pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan alat-alat praktikum sederhana dan untuk mengetahui efekfitas penggunaan metode eksperimen dengan menggunakan alat alat praktiktum sederhana dalam pembelajaran fisika Dalam penelitian ini digunakan rancangan one group pretes postes design daerah penelitian ditetapkan di SLTP Negeri 2 Silo pada kelas I A Pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, ubservasi, interviu dan tes. Anallsa data untuk menentukan, perbedaan yang signifikan antara pre-tes dan pos-tes digunakan rumus: t Md Ex2d/ N(N-1) dan efektifitas metode ekseperimen dengan menggunakan alat-alat praktiikum sederhana ditemukan dengan n = (N2-N1 / N1) x 100% Dari hasil analisa data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa thit= 15 ,68 sedangkan ttabel = 2,015 sehingga Ho ditolak. Untuk nilai efektifitas diperoleh 31,1 Q% yang menunjukkan kriteria cukup efektif sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belaJar fisika sebelum dan sesudah pembelajarao fisika siswa dengan metode ekseperimen menggunakan ,alat-alat praktikum sederhana dengan kriteria cukup efektif Dengan demikian pembelajaran fisika metode eksperimen dengan menggunakan alat praktikum sederhana dapat digunakan sebagai salah satu metode penyampaian maten pokok bahasan Zat dan Wujudnya.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT-ALAT PRAKTIKUM SEDERHANA DALAM PEMBElAJARAN FISIKA DI SLTP NEGERI 2 SilOen_US
dc.titlePENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT-ALAT PRAKTIKUM SEDERHANA DALAM PEMBElAJARAN FISIKA 01 SLTP NEGERI 2 SilO (Studi Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Zat dan Wujudnya Pada Siswa Kelas I A Cawu I Tahun Pelajaran 2001 /2002)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record