Show simple item record

dc.contributor.authorMamik Islami Nur Hidayati
dc.date.accessioned2015-02-09T01:05:40Z
dc.date.available2015-02-09T01:05:40Z
dc.date.issued2015-02-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61291
dc.description.abstractDalam mengantisipasi kemajuan IPTEK beserta dampaknya dan untuk menjembatani jurang pemisah antara kemajuan IPTEK dengan dorongan untuk memperoleh infonnasi ilmiah dalam pendidikan serta nilai-nilai sains dalam masyarakat dapat diimplementasikan program pendidikan sains yang disebut Sains-Teknologi-Masyarakat (STM). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) adakah perbedaan yang signifikan antara hasil tes awal dan tes akhir yang menggunakan pendekatan STM dalam pembelajaran Fisika SMU?~ 2) seberapa besar efektivitas pendekatan STM dalam pembelajaran fisika SMU?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan pendekatan STM; 2)mengetahui efektivitas pendekatan STM dalam pembelajaran fisika SMU. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil tes awal dan tes akhir dalam pembelajaran fisika menggunakan pendekatan STM; 2) pendekatan STM efektif digunakan dalam pembelajaran fisika. Dalam penelitian ini digunakan rancangan one group pretes-postes design dan daerah penelitian ctitetapkan di SMU Negeri 1 Jember pada kelas 11. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode dokumentasi, observasi, interview, dan tes. Analisa data untuk menentukan perbedaan yang signifikan antara pre-test dan pas-test digunakan rumus: t = Md , v' Ex.'d I N(N-1) dan efektivitas pendekatan STM ditentukan dengan : I} = (N2 - N1 1 N 1) x 100% . Dari hasil analisa data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung = 8.64 sedangkan ttabel = 2.092 sehingga Ho ditolak. Untuk nilai efektivitas diperoleh 29.785% yang menunjukkan kriteria cukup efektif sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan pendekatan STM; 2) pendekatan STM cukup efektif dalarn meningkatkan hasil belajar fisika.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPENGGUNAAN PENDEKATAN STM (SAINSTEKNOLOGI- MASYARAKAT) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMUen_US
dc.titlePENGGUNAAN PENDEKATAN STM (SAINS-TEKNOLOGI- MASYARAKAT) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMU (Studi Hasil Belajar Pokok Bahasan Dinamika Gerak lurus Pada Siswa Kelas I Cawu I SMU Negeri I Jember Tahun Ajaran 2001/2002)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record